Home Artikel Keluarga

Pertama kali memiliki bayi tentu saja bisa menjadi masalah tersendiri untuk sebagian orangtua-orangtua baru. Sering kali Anda akan merasa gugup atau bingung mengenai apa yang harus Anda lakukan terhadap si bayi. Selain itu, kehidupan Anda tentu saja akan ikut berubah antara sebelum memiliki bayi dan sesudah memiliki bayi.

Tapi jangan terlalu khawatir, Anda hanya perlu mempersiapkan diri untuk bisa menyesuaikan kehidupan Anda bersama sang buah hati. Berikut ini ada 10 tips penting bagi mereka para orangtua baru!

Ikuti pola tidur bayi

Pada minggu-minggu pertama setelah kelahiran bayi, rutinitas Anda sudah pasti mulai berubah. Anda merasa harus siap sedia atas apapun yang dibutuhkan bayi Anda. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap pola tidur Anda yang menjadi tidak menentu. Tapi sebaiknya Anda harus bisa menggunakan waktu Anda dengan lebih bijaksana karena jika kurang tidur dan terlalu lelah juga akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Cara paling bijaksana adalah dengan mengikuti pola tidur bayi. Jadi, tidurlah selagi ada kesempatan yaitu pada saat bayi Anda juga sedang tertidur.

Waspadalah terhadap baby blues

Wajar jika beberapa wanita masih merasa cemas atau khawatir satu atau dua hari pasca melahirkan, hal tersebut sangatlah normal. Namun, jika perasaan tersebut berlanjut dalam waktu yang cukup lama atau bahkan mengalami depresi pasca melahirkan sehingga Anda mulai merasa sedih dan kewalahan, maka Anda perlu membicarakannya dengan pasangan Anda. Konsultasikan masalah tersebut kepada dokter kepercayaan Anda agar mendapatkan terapi terbaik untuk menghilangkan efek dari baby blues tersebut.

Berkomunikasi dengan menangis

Karena bayi yang baru lahir belum memiliki kemampuan berkomunikasi maka menangis merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan bayi untuk berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Awalnya Anda sebagai orangtua baru tentu saja akan merasa bingung jika bayi Anda menangis namun lama-kelamaan Anda akan mulai bisa membedakan arti dari tiap tangisan si bayi misalnya minta diganti popok, lapar, haus atau sekedar ingin tidur. Yang Anda perlu lakukan adalah lebih perhatian dan lebih peka supaya bisa mengetahui apa yang apa yang ingin disampaikan bayi Anda selebihnya biarkan naluri yang membimbing Anda.

Konsumsi multivitamin pasca-kehamilan

Mengurus bayi bukanlah pekerjaan yang ringan bahkan akan sangat menguras energi. Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi multivitamin tertentu yang bagus diminum pasca melahirkan untuk memberikan semangat serta energi ekstra untuk merawat bayi Anda. Multivitamin tersebut juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap dalam kondisi prima.

Konsumsi makanan-makanan sehat

Pada minggu-minggu pertama mungkin Anda dan pasangan akan lebih fokus terhadap segala kebutuhan bayi kalian dan melupakan kesehatan sendiri. Tentu ini sangat tidak di anjurkan. Anda tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh Anda sendiri dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Jangan hanya mengkonsumsi makanan-makanan beku atau cepat saji dengan tujuan supaya bisa lebih simple, mudah dan tidak repot. Pola makan sehat tetap harus menjadi prioritas utama.

Jadilah orang tua yang aktif

Kebanyakan ibu merasa sedikit malas untuk berolahraga pasca melahirkan. Padahal olahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan sekaligus cara cepat untuk mengembalikan ukuran tubuh Anda seperti sedia kala. Jadi usahakan untuk tetap aktif pasca melahirkan dengan melakukan olahraga rutin untuk meningkatkan energi Anda. Cukup dengan melakukan olahraga-olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah atau bisa juga dengan mengajak bayi Anda jalan-jalan setiap hari.

Jaga kulit tetap kenyal

Strech mark merupakan salah satu mimpi buruk bagi para ibu. Garis-garis yang biasanya muncul setelah melahirkan ini memang sangat mengganggu sekaligus tak jarang mengurangi rasa percaya diri. Nah, untuk menjaga kekenyalan kulit Anda sebaiknya Anda mulai rutin melakukan peregangan selama masa kehamilan dan menggunakan body butter untuk memudarkan strech mark setelah melahirkan. Tanda-tanda tersebut biasanya akan memudar dalam waktu 6-12 bulan setelah melahirkan.

Bertemanlah dengan orangtua baru lainnya

Anda bisa mencoba mencari komuitas orangtua baru atau ibu-ibu baru yang mana mereka memiliki kasus yang sama dengan Anda yaitu baru saja menjadi orangtua. Tentu saja dengan berkumpul bersama mereka yang senasib dengan Anda akan memberikan kenyaman tersendiri. Anda bisa saling berbagi mengenai masalah mengurusi bayi yang sedang Anda alami atau saling berbagi tips mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perawatan bayi.

Menerima pengunjung dan hadiah

Setelah melahirkan biasanya teman-teman, keluarga ataupun orang-orang yang mengenal Anda akan mampir untuk mengunjungi Anda dan bayi Anda. Menariknya, kebanyakan dari mereka yang berkunjung akan memberikan berrbagai pernak pernik bayi mulai dari pakaian, perlengkapan bayi, susu dan sebagainya. Terimalah pemberian mereka dengan senang hati karena hadiah-hadiah tersebut tentu saja akan berguna bagi Anda.

Belajar dari yang lebih berpengalaman

Anda bisa menanyakan berbagai hal kepada orangtua Anda jika Anda ketika menghadapi kesulitan selama merawat bayi. Orantua Anda tentu saja sudah memiliki pengalaman lebih banyak sehingga mereka merupakan orang tepat untuk dijadikan tempat bertanya. Cobalah untuk mendengarkan dan melihat cara-cara atau tips-tips yang mereka ajarkan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...