Home Artikel Sehat & Bugar

Tidur malam yang baik sangat penting untuk kesehatan optimal bagi tubuh Anda. Ketika tidur, tubuh Anda dalam proses untuk mengembalikan ketahanan ke dalam kondisi awal yang baik dan memperbaikinya dari efek aktifitas yang banyak setiap hari. Tanpa tidur yang cukup, Anda tidak hanya akan merasakan kelelahan tapi juga akan mengalami kesulitan dalam konsentrasi untuk mengerjakan tugas keesokan harinya. Semacam hal sepele yang mengganggu produktivitas, bukan?

Seperti cara-cara yang dilakukan seseorang yang mengidap insomnia, Anda bisa menggunakan beberapa cara ini untuk mendapatkan tidur yang optimal sehingga Anda akan bangun dengan segar dan siap menghadapi hari dengan semangat dan optimis.

Untuk Anda yang ingin belajar bagaimana tidur dengan nyenyak sebaiknya mengikuti cara-cara di bawah ini. Tanpa menggunakan obat-obatan yang terkadang memiliki efek samping yang berbahaya, cobalah untuk mengikuti beberapa tips sederhana di bawah ini.

tips tidur malam sehat optimal

1. Jauhkan segala Gangguan

Anda memiliki masalah untuk tidur nyenyak mungkin karena otak Anda terus berpikir. Jauhkan segala pikiran yang mengganggu sehingga Anda bisa rileks. Matikan lampu dan tutuplah selambu untuk menjaga agar cahaya dari luar tidak masuk dan menyinari kamarmu. Matikan televisi, perangsang utama yang dapat mengganggu aktivitas tidur nyenyak Anda. Hindari gangguan lain seperti membaca dan menggunakan computer. Mematikan segala aktivitas benda-benda tersebut dapat membuatmu tetap tenang dan nyaman merupakan kunci utama. Jangan membiarkan hewan peliharaan Anda juga untuk berada satu kamar dengan Anda. Karena, gerakannya dapat mengganggumu untuk mencoba tidur lebih nyenyak.

Membiarkan pikiran Anda rileks dapat membuat Anda tenang dan melupakan masalah-masalah yang Anda alami sehingga Anda dapat tidur nyenyak dengan cepat. Cara ini selalu berhasil dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit minimal untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda sebelum naik ke tempat tidur. Pikiran setiap orang membutuhkan waktu untuk istirahat setelah kesibukan akan aktivitas sehari-hari atau kesibukan dalam mengurusi anak. Setelah kerja, Anda bisa berendam dengan air hangat untuk melepaskan stres dan merilekskan pikiran dan tubuhmu.

2. Trik Mental

Teknik tradisional untuk tidur adalah dengan memvisualisasikan domba dan menghitung jumlah mereka dalam imajinasi Anda. Anda juga bisa menggunakan permainan hitung yang lain seperti menghitung mundur dimulai dari angka 300. Gunakan waktumu dan bernafaslah yang dalam di setiap pergantian angka, konsentrasi terhadap angka-angka itu dan helaan nafasmu. Bersihkan pikiranmu, dan setiap Anda menghitung serta bernafas dalam, visualisasikan dirimu untuk siap tertidur dan istirahat dengan nyenyak.

3. Istirahatkan Tubuh dan Perlakukan Senyaman Mungkin

Jika Anda kesulitan tidur nyenyak setelah beberapa kali mencoba, Anda perlu untuk bangkit dari tempat tidur dan merilekskan tubuh. Konsumsilah secangkir the chamomile atau teh dengan ramuan akar valerian. Keduanya memiliki pencetus rasa rileks untuk tubuh Anda. Jauhi minuman berkafein. Satu atau dua regangan Yoga, diiringi dengan nafas yang rileks, akan membantu tubuhmu mengendurkan ketegangan.

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh nyaman. Cobalah menggunakan beberapa minyak atau losion lavender dan mengoleskannya di tubuh Anda tepat sebelum tidur. Bisa juga menggunakan cahaya lilin beraroma lavender satu jam sebelum naik ke tempat tidur. Tapi, jangan lupa untuk meniupnya sebelum waktu tidur Anda.

4. Menata Lingkungan Tempat Tidur

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah pastikan ruanganmu baik dan gelap. Gunakan jam alarm yang mempunyai warna digital merah, daripada yang berwarna hijau cerah. Karena, warna ini bisa membantu anda untuk bangun di waktu yang tepat. Jangan lupa gunakan selambu dan selimut untuk melindungi Anda dari gangguan nyamuk. Gunakan selimut yang ringan untuk menutupi tubuh Anda untuk menjaga suhu badan dan menghindari perasaan terikat akibat selimut yang berat.

Kemudian, tatalah tempat tidur Anda. Pastikan tempat tidur anda nyaman dan bersih. Mungkin ini membutuhkan waktu untuk mengganti sprei kasur dan bantal yang baru. Namun, hal tersebut sangat membantu Anda untuk merasa nyaman di tempat tidur. Atau bisa juga Anda menggunakan bantal yang sesuai dengan tubuh sehingga Anda berada pada posisi yang rileks.

Anda juga bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dengan mengganti kasur tua Anda. Kasur yang lama membentuk sebuah cekungan-area yang menahan panas dari bagian tubuh tertentu dan menjadi tidak halus serta kurang nyaman. Jika sprei kasur maupun bantalmu membuatmu merasa gatal, gantilah segera.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...