Home Produktivitas Karir

Di jaman yang sudah modern ini kebanyakan orang menginginkan semua pekerjaan dan beban hidup bisa diselesaikan dalam satu jentikan jari. Banyak orang memutuskan untuk menghabiskan waktunya untuk bekerja lembur atau memanfaatkan smartphone mereka untuk tetap bisa bekerja dimana pun.

Disinilah poin masalahnya, saat ini orang-orang kesulitan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-harinya. Mereka khawatir akan dipecat atau tidak mendapatkan promosi jika mereka tidak bekerja dengan sangat keras hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bekerja lembur setiap harinya.

Padahal keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari sudah seharusnya menjadi fokus utama seseorang supaya pola hidupnya menjadi lebih baik dan lebih teratur. Jika Anda terlalu fokus terhadap pekerjaan dan mengorbankan banyak waktu yang Anda miliki untuk lembur, lembur dan lembur lalu kapan Anda bisa bersenang-senang? Memforsir tubuh untuk terus bekerja tanpa memberikannya waktu untuk beristirahata hanya akan membuat kesehatan Anda drop dan tidak bisa bekerja dengan maksimal lagi.

menyeimbangkan hidup dan pekerjaan

[Ilustrasi] Menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan.

Untuk itulah mengapa menjaga kesimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari menjadi sangat penting, berikut ini 5 tips yang bisa Anda gunakan supaya pekerjaan dan kehidupan sehari-hari Anda bisa berjalan dengan seimbang:

#1 Rencanakan waktu istirahat anda

Lihat jadwal kerja Anda dalam seminggu, sisipkan jadwal untuk bertemu dengan keluarga atau teman-teman Anda, kemudian lakukan hal-hal positif bersama mereka untuk bisa membangkitkan semangat Anda. Atau mungkin Anda berencana untuk pergi kencan dengan pasangan seperti mengajaknya nonton, makan malam atau sekedar jalan-jalan di taman maka Anda harus bisa mengatur jadwal Anda dengan lebih insentif. Dengan pengaturan jadwal yang baik, Anda tidak perlu membatalkan janji yang sudah dibuat.

Percayalah, hal-hal yang telah disebutkan di atas bisa membuat kehidupan anda menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Cobalah pergi bersama pasangan Anda dan matikan smartphone saat bertemu. Tambahkan juga satu hari dalam sebulan untuk kencan bersama pasangan Anda, kemudian lihatlah hal positif apa yang akan terjadi. Lakukan hal-hal tersebut setiap Anda memiliki waktu senggang, manfaatkan akhir pekan Anda dengan sebaik mungkin.

#2 Hindari aktifitas yang membuang waktu dan tenaga

Banyak orang membuang waktu yang mereka miliki untuk sesuatu yang kurang bemanfaat. Sebagai contoh ketika Anda bekerja bersama teman dekat maka akan ada banyak waktu yang terbuang percuma hanya untuk sekedar mengobrol dan bergosip. Selain itu terlalu sering membuka sosial media, melakukan panggilan telefon pribadi dan lain sebagainya juga termasuk membuang-buang waktu dan tenaga saat Anda sedang bekerja.

Hal terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengatur ulang aktivitas yang sudah Anda lakukan. Kurangilah hal-hal yang tidak mendukung karir atau kehidupan sehari-hari Anda karena hal tersebut hanya akan mengganggu keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan Anda. Dengan mengurangi hal-hal tersebut maka pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai dan Anda bisa pulang lebih cepat.

#3 Atur ulang kepentingan Anda

Daripada menghabisakan banyak waktu untuk berjalan jauh saat ingin membeli sesuatu, bukanlah lebih efisien jika Anda membelinya melalui toko online dan menerimanya dari kurir. Anda juga bisa mempekerjakan seseorang untuk merawat halaman atau menyelesaikan pekerjaan rumah Anda sehingga Anda memiliki waktu luang yang lebih banyak. Mungkin memang akan menghabiskan uang lebih banyak namun hal tersebut akan sebanding dengan waktu luang yang akan Anda dapatkan.

#4 Olahraga

Mungkin Anda akan sedikit kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga disela-sela rutinitas yang Anda lakukan. Tetapi, olahraga memang sangat penting dan Anda perlukan karena bisa sangat membantu Anda dalam meningkatkan stamina dan kemampuan konsentrasi Anda saat bekerja. Berolahraga juga akan membuat Anda menjadi lebih waspada dengan pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda kerjakan.

#5 Menenangkan diri sejenak

Perubahan harus dilakukan secara berkala supaya manfaatnya benar-benar bisa dirasakan. Jangan hanya semangat pada saat-saat awalnya saja lakukanlah secara berkala. Saat Anda sedang berada pada jadwal yang padat maka Anda bisa mencoba untuk meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan hal-hal yang bisa menambah energi seperti mandi, membaca novel, berjalan-jalan, bersepeda atau mendengarkan musik.

Anda juga bisa mengambil waktu untuk istirahat sejenak untuk sekedar berlibur bersama keluarga atau pasangan saat Anda sedang benar-benar jenuh dengan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Meskipun hal tersebut kelihatan remeh tapi Anda perlu mencobanya karena hal tersebut benar-benar bisa memberikan Anda sedikit kebahagiaan untuk menenangkan pikiran Anda yang sedang jenuh.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...