Home Artikel Produktivitas

Percaya diri merupakan salah satu kunci kesuksesan dan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi akan lebih bersemangat menjalani kegiatannya dan selalu berpikir positif. Mereka tak membiarkan rasa takut atau ragu membatasi keinginannya. Mereka juga tak segan mengungkapkan pendapatnya dan tak terlalu khawatir akan pandangan orang lain terhadap dirinya.

Keyakinan pada diri sendiri ini umumnya terpancar dari tingkah laku dan kebiasaan mereka sehari-hari. Anda pun bisa menirunya jika ingin memperbaiki diri. Berikut ini tujuh kebiasaan yang dimiliki orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi:

orang percaya diri

#1 Bahasa tubuh

Banyak orang dapat membaca bahasa tubuh dan memahami karakter orang lain tanpa berbicara dengannya. Pasalnya, postur dan gaya tubuh biasanya menggambarkan perasaan dan tingkat kepercayaan diri seseorang. Orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi biasa berdiri di satu tempat tanpa banyak berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Mereka juga selalu memandang langsung ke mata lawan bicara.

#2 Murah senyum

Orang-orang yang percaya diri selalu memandang hidup secara positif dan suka membagikan energi serta senyumnya ke orang lain. Tidak peduli apakah orang lain itu dikenalnya atau tidak. Mereka juga mudah beradaptasi dengan orang asing. Mereka yakin kekuatan senyuman bisa membantu mereka untuk terus berpikir positif dan memecahkan masalah dengan cepat. Mereka lebih suka bersikap ramah dengan kenalan baru. Anda pun bisa menirunya. Dengan sering tersenyum, Anda akan merasa semakin bahagia dan lebih percaya diri.

#3 Tidak suka merendahkan orang lain

Orang yang percaya diri merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Mereka tidak suka membuang waktu dengan menjelek-jelekkan orang lain dan memilih untuk memperlakukan orang lain dengan baik serta mendukung sahabatnya. Mereka selalu berhati-hati dalam berbicara dan bersikap. Mereka juga lebih suka fokus dengan masalahnya sendiri dan menyelesaikannya. Kebiasaan semacam ini membuat mereka banyak disukai dan dapat memperluas lingkungan pergaulannya.

#4 Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Banyak orang merasa ragu untuk berbincang dengan orang asing. Namun, orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi dengan mudah melakukannya. Mereka yakin bahwa memancing pembicaraan bisa meningkatkan nilai hidup dan membuka peluang-peluang baru. Mereka melihatnya sebagai kesempatan untuk mendapatkan kenalan baru yang mungkin bisa membantu mereka membuka bisnis baru dan bahkan meningkatkan penghasilan. Jika Anda ingin menjadi lebih percaya diri, cobalah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi Anda. Anda akan lebih mudah mengatasi rasa takut yang seringkali membuat Anda ragu.

#5 Mereka tidak takut untuk terlihat bodoh

Seberapa sering Anda melakukan hal-hal di luar kebiasaan? Apakah Anda merasa takut terlihat bodoh saat melakukan sesuatu yang aneh dan tidak biasa? Cobalah untuk lebih percaya diri, karena orang-orang yang percaya diri justru merasa lebih santai saat situasi tak terkendali dan mereka terlihat bodoh.

Hidup ini tak hanya dipenuhi hal-hal indah. Orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi pun pernah mengalami masa-masa sulit dan memalukan dalam hidupnya. Namun, mereka tak membiarkan ejekan dari orang-orang di sekitarnya membuat mereka jatuh. Mereka tetap menganggap diri mereka yang terbaik. Jika bertemu situasi memalukan, mereka mencoba mengatasinya dengan humor. Kemampuan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena sulit untuk tetap berpikir positif saat Anda terlihat bodoh.

#6 Mereka tidak segan memuji orang lain

Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri, cobalah untuk sering memuji orang lain. Jangan segan untuk memberikan pujian jika Anda menyadari hal positif mereka. Orang yang benar-benar percaya drii sangat blak-blakan dan jujur saat memuji orang lain. Mereka sering memperhatikan hal positif dan pencapaian orang lain. Mereka juga tak ragu membantu orang lain untuk menemukan keahlian dan kepercayaan dirinya.

#7 Mereka menerima pujian dengan senyuman

Banyak orang tidak suka dipuji dan mencoba mengabaikannya. Sikap semacam ini merupakan salah satu tanda-tanda kurangnya kepercayaan diri. Padahal, penolakan pujian bisa jadi penghindaan bagi sang pemberi. Sebaliknya, orang-orang yang percaya diri dapat dengan mudah menerimanya dengan senyum di wajah. Senyum menunjukkan sikap baik dan keramah-tamahan mereka. Jika Anda ingin meningkatkan rasa percaya diri, lebih ramahlah dalam menerima pujian. Jika Anda tidak tahu bagaimana harus menanggapi, cukup ucapkan “terima kasih”.

Itulah tujuh kebiasaan yang dimiliki orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi. Anda pun bisa memilikinya dengan mengubah kebiasaan buruk Anda, dan dapatkan satu kunci menuju kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...