Home Artikel Cantik & Gaya

Memiliki kulit wajah yang halus dan mulus tentu saja harapan setiap orang. Sayangnya, kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang begitu rentan terhadap berbagai masalah. Tak sedikit orang yang rela melakukan berbagai macam cara untuk melindunginya dari faktor-faktor luar seperti debu, polusi, atau sengatan matahari. Sebenarnya disamping faktor-faktor dari luar tersebut ternyata faktor dari dalam seperti gizi dan makanan pun mempunyai andil besar terhadap kesehatan kulit kita.

Faktor makanan yang kita makan pun juga bisa sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Beberapa makanan memang bisa memicu terjadinya jerawat, kulit kasar atau gatal-gatal, lebih parahnya lagi jika terjadi pada pemilik kulit sensitif yang bisa menimbulkan ruam-ruam pada kulit. Menurut para ahli kesehatan salah satu makanan yang benar-benar buruk untuk kulit adalah gorengan. Buat Anda yang senang mengkonsumsi makanan-makanan yang digoreng sekarang harus mulai hati-hati.

makanan yang buruk untuk kulit

Keindahan kulit dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Sumber gambar

Nah berkaitan dengan faktor makanan, berikut ini ada 7 daftar makanan-makanan yang sebaiknya Anda hindari jika ingin memiliki kulit sehat dan bersinar.

1.

Alkohol
Alkohol adalah diuretik alami yang bersifat kuat; ini artinya semakin banyak Anda mengkonsumsi alkohol maka akan semakin besar tubuh Anda mengalami dehidrasi. Alkohol juga mengisap semua kelembaban alami kulit, membuatnya kering dan bersisik, bahkan bisa menimbulkan keriput. Parahnya lagi, orang dengan kulit sensitif bisa mengalami rosacea karena alkohol.

2.

Kopi
Meminum 2 sampai 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Dengan meningkatnya kortisol ini bisa mempercepat proses penuaan kulit dan juga menyebabkan kerusakan yang signifikan. Kafein bertindak sebagai diuretik yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi dan meninggalkan kulit dengan penampilan kering dan kusam.

3.

Susu
Meskipun susu tidak memberikan dampak yang begitu membahayakan bagi kulit, namun kelebihan konsumsi susu bisa menyebabkan jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, susu yang diformulasikan berlebihan akan memproduksi sebum, yang akhirnya mengarah pada timbulnya jerawat.

4.

Garam
Memang benar jika makanan tanpa garam akan terasa hambar, namun jika dikonsumsi secara berlebihan terutama garam beryodium bisa merusak kulit. Garam akan membuat jaringan membengkak, memberikan kesan kembung dan mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Dalam kasus-kasus terburuk juga bisa menjadi penyebab jerawat.

5.

Soft drinks
Jika Anda menginginkan kulit yang terlihat sehat dan bercahaya, penting untuk mengontrol tingkat gula dalam darah. Rata-rata sekaleng soft drink mengandung lebih dari 50g gula, yang cukup untuk memicu kulit kering dan jerawat. Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi ini dan membiasakan untuk menggantinya dengan jus buah atau cukup air putih saja.

6.

Gluten dari makanan berat
Gluten pada dasarnya adalah protein yang ditemukan di dalam gandum, dan semua biji-bijian utama yang berada di bawah frase, ‘Staple Diet Amerika Serikat’. Ironisnya, menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH), dan The University of Chicago Celiac Disease Center, antara 5% sampai 10% dari total penduduk AS menderita intoleransi gluten.

Intoleransi gluten memiliki banyak efek samping, tapi efek yang paling terlihat sering muncul pada bagian kulit, dalam bentuk pembengkakan, kulit kering, dan jerawat. Contoh dari makanan-makanan yang mengandung gluten tinggi yaitu pasta, roti putih, kue-kue, kue, pizza, dan gandum.

7.

Coklat dan permen
Memang sulit untuk menghindari makanan-makanan manis seperti coklat dan permen, namun Anda harus mulai menjauhinya jika ingin memiliki kulit yang sehat. Mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan membuat gula darah Anda melonjak naik, yang secara langsung mempercepat produksi sebum yang nantinya akan mengarah kepada jerawat. Selain itu kedua makanan tersebut juga cukup merugikan kolagen dan elastin yang berperan dalam membuat kulit terlihat muda dan bercahaya.

Nah buat Anda sekalian yang ingin memiliki kulit sehat dan bersinar maka cobalah untuk mengurangi makanan-makanan yang telah disebutkan diatas. Akan lebih baik lagi jika ditunjang dengan diet sehat.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...