Home Produktivitas Karir

Semua orang tahu bekerja kerasa adalah sebuah kewajiban bagi siapapun yang ingin mencapai sebuah kesuksesan. Namun, perlu diingat untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak hanya dibutuhkan kerja kerasa saja, tapi juga kerja cerdas. Kenapa harus kerja cerdas? Karena setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, 7 minggu dalam seminggu dan 12 bulan dalam setahun. Jika Anda hanya bekerja keras saja maka hasil yang akan Anda peroleh akan biasa-biasa saja seperti orang-orang kebanyakan. Tapi jika Anda bisa bekerja keras sekaligus cerdas dan memanfaatkan waktu yang Anda miliki dengan baik maka Anda bisa mendapatkan hasil maksimum.

kerja keras kerja cerdas

Satu hal yang harus Anda ingat, bekerja keras akan memberikan hasil, sementara bekerja keras dan cerdas akan memberikan hasil yang paling baik. Jika Anda bisa menerapkan kerja cerdas ini dalam kehidupan sehari-hari maka Anda akan merasakan manajemen diri yang baik, produktivitas yang lebih tinggi dan mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Berikut ini ada 10 cara yang bisa kamu terapkan untuk bisa bekerja secara cerdas.

#1 Memiliki tujuan yang jelas

Untuk bisa bekerja cerdas Anda harus sudah memiliki tujuan yang jelas, semakin jelas maka akan semakin baik. Orang-orang yang tidak memiliki tujuan akan menghabiskan waktu lebih banyak dibandingkan mereka yang sudah memiliki kepastian tujuan. Jika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas maka Anda bisa langsung fokus terhadap apa yang menjadi tujuan Anda tanpa tergoda untuk mencoba-coba yang lain.

#2 Mempunyai visi

Apakah Anda sudah terbayang mengenai visi masa depan Anda? Jika tujuan diibaratkan sebagai sebuah pengarah Anda maka visi bisa disebut sebagai tujuan Anda. Jadi jika sudah memiliki visi dan tujuan yang jelas maka kamu bisa lebih fokus dalam mencapai kesuksesan.

#3 Ambil rute 80/20

Maksudnya mengambil rute 80/20 mengacu kepada rute yang mengambil sedikit usaha tetapi memberikan hasil yang maksimal. Anggaplah diluar sana selalu ada banyak cara yang berbeda untuk mencapai sebuah hasil yang sama, untuk itu kamu harus bisa pintar-pintar menyiasatinya supaya bisa mendapatkan hasil maksimal dengan waktu yang lebih sedikit.

#4 Dahulukan pekerjaan yang sekiranya memiliki dampak yang lebih baik

Sebagai contoh Anda lebih mendahulukan untuk mengembangkan blog yang Anda miliki dengan membuat perubahan-perubahan mengenai isi konten menjadi lebih menarik dan berkualitas tinggi untuk pembaca dan fokus untuk menyebarkan artikel-artikel yang ada di blog Anda dibandingkan menghadir kelas (perkuliahan) yang sekiranya tidak memberikan banyak perbedaan untuk proses pembelajaran Anda.

#5 Stop menjadi perfeksionis

Ingin memperoleh hasil yang maksimal tidak mengharuskan Anda untuk menjadi seseorang yang perfeksionis. Berhentilah untuk terlalu terobsesi dengan hal-hal yang sangat rinci, detil dan spesifik karena ini hanya akan memberatkan Anda sendiri.

#6 Belajar dari orang lain

Dukungan dari orang lain akan sangat membantu mempercepat Anda mencapai gerbang kesuksesan, untuk itu Anda harus mau belajar dari pengalaman orang lain. Gunakan pengalaman-pengalaman orang terdahulu sebagai referensi untuk bahan pertimbangan Anda dalam mengambil kesimpulan.

#7 Meminta bantuan

Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain jika memang dirasa diperlukan. Memang benar, sebagian besar orang lebih suka melakukan segala sesuatunya sendirian dan tidak ingin menganggu orang lain. Namun, adakalanya Anda akan menghadapi masalah atau kehabisan ide, maka saat itulah Anda perlu meminta bantuan orang lain.

#8 Mendelegasikan kepada orang lain

Untuk pekerjaan yang dirasa memiliki dampak yang tidak terlalu besar sebaiknya Anda delegasikan kepada orang lain untuk menyelesaikannya. Kemudian Anda fokus dengan pekerjaan yang lebih membutuhkan konsentrasi Anda.

#9 Menunggu

Terkadang menunggu bisa menjadi solusi terbaik saat Anda sedang berada dalam sebuah dilema. Jika Anda berhenti ketika menghadapi dilema tersebut maka Anda akan gagal, namun jika Anda memilih untuk menunggu dan memberikan jeda sejenak maka bisa jadi solusi akan muncul saat Anda merasa lebih tenang.

#10 Istirahat ketika Anda lelah

Memforsis segala sesuatu untuk mencapai target ternyata tidak akan memberikan dampak baik seperti yang Anda harapkan. Bisa jadi dengan memforsir dan menekan diri Anda hanya akan menimbulkan kemerosotan terhadap apa yang Anda kerjakan. Maka dari itu, istirahat menjadi sangat penting saat Anda sedang berusaha ingin mencapai kesuksesan. Ingat, orang dalam kondisi kelelahan tidak akan bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal sehingga pastikan untuk mendapatkan cukup istirahat sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...