Home Artikel Relationship

Sudah menjadi rahasia umum jika long distance relationship atau hubungan jarak jauh sangat rentan dan berisiko. Tapi bukan berarti hubungan ini tidak bisa berhasil loh, banyak contoh pasangan di luar sana yang bisa menyelesaikan hubungan jarak jauhnya hingga berakhir dengan bahagia. Walaupun memang harus diakui tidak sedikit juga yang kandas di tengah jalan.

Jika saat ini Anda sedang berada dalam hubungan jenis ini pasti akan muncul sebuah pertanyaan, lalu bagaimana caranya agar hubungan jarak jauh ini berhasil dan tidak kandas di tengah jalan?

cara membuat ldr berhasil

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya hubungan jarak jauh Anda dan pasangan bisa berjalan dengan baik.

#1 Menjaga komunikasi

Satu hal terpenting dari sebuah hubungan adalah komunikasi, komunikasi yang baik akan menghasilkan sebuah hubungan yang baik. Terlebih untuk para pelaku hubungan jarak jauh yang memiliki intensitas bertemu yang tidak banyak maka satu-satunya cara untuk bisa tetap saling terhubung adalah dengan menjaga komunikasi. Hal ini penting untuk menjaga kedekatan emosional sebagai pengganti intensitas pertemuan yang jarang. Apalagi saat ini sudah sangat menjamur aplikasi penunjang komunikasi seperti email, whatsapp, bbm, skype dan lain sebagainya jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk kesulitan komunikasi.

#2 Saling percaya dan setia

Satu-satunya kunci sebuah hubungan akan berhasil adalah dengan menajaga rasa percaya kepada pasangan. Karena hubungan seperti ini memang membuat kita kesulitan untuk mengetahui apa yang sesungguhnya sedang dilakukan pasangan di sana, dengan siapa, apa yang sedang mereka pikirkan dan lain-lain maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah percaya. Hindari godaan-godaan yang akan menghancurkan hubungan kalian. Dalam hubungan jarak jauh sangat dimungkinkan muncul orang-orang yang akan menggoda Anda untuk berpaling dari pasangan namun jika Anda sudah menanamkan rasa percaya dan saling setia maka hal tersebut tidak perlu lagi menjadi masalah.

#3 Mengenal satu sama lain

Seperti hubungan normal lainnya, mengenal satu sama lain secara lebih dekat juga merupakan hal yang wajib di lakukan para pelaku hubungan jarak jauh. Sempatkanlah waktu untuk bisa berbincang lebih lama sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana kepribadian pasangan, rutinitas pasangan, hal-hal yang mereka suka dan tidak suka. Dengan mengenal pasangan secara lebih dalam maka Anda akan lebih bisa memahami dan mengerti keadaan pasangan.

#4 Mendukung satu sama lain

Meskipun Anda dan pasangan tidak sedang dalam jarak yang dekat untuk bisa mendukung satu sama lain secara langsung namun hal ini tetap harus bisa dilakukan dengan baik. sebagai contoh jika pasangan Anda dalam kesulitan, marah, sakit hati, masalah dengan keluarga atau masalah kantor pastikan untuk selalu mendampinginya dan mendengarkan setiap keluh kesahnya. Dukungan dari Anda saat si dia sedang merasa terpuruk akan sangat membantu memberinya semangat dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapinya.

#5 Lakukan hal-hal kecil yang akan semakin mempererat hubungan

Meskipun jarak diantara Anda dan pasangan tidak lah dekat tapi kalian berdua tetap bisa melakukan berbagai macam hal bersama. Apalagi saat ini internet sudah sangat menunjang jadi pastikan untuk memanfaatkannya. Sebagai contoh, kalian bisa saling berbagi bacaan-bacaan secara online, bermain game online yang bisa dimainkan berdua, menggunakan parfum yang digunakan pasangan atau menggunakan aplikasi video call sebelum tidur seolah-olah kalian sedang tidur di ruangan yang sama.

#6 Bicarakan tentang masa depan bersama

Seperti pasangan-pasangan normal lainnya, kalian juga sudah harus memulai untuk merancang masa depan kalian berdua. Buatlah obrolan-obrolan ringan mengenai bagaimana kehidupan kalian nanti di masa depan, ingin punya rumah yang seperti apa? Punya anak berapa? Bagaimana masa tua kalian? Mungkin terlihat sepele tapi obrolan-obrolan mengenai masa depan justru bisa mengisyaratkan bahwa Anda benar-benar serius menjalani hubungan tersebut.

#7 Ungkapkan keraguan, ketidakyakinan dan ketakutanmu bersama pasangan

Terbuka juga menjadi kunci penting dalam sebuah hubungan. Dengan bersikap terbuka maka akan memudahkan pasangan Anda untuk mengerti apa yang sedang ada dalam pikiran Anda. Ungkapkanlah segala hal yang membuat Anda ragu, tidak yakin atau bahakan ketakutan Anda mengenai hubungan kalian. Biasakan untuk membicarakan hal-hal tersebut bersama pasangan jangan dengan orang lain. Karena sesungguhnya mereka tidak benar-benar tahu apa sedang kalian rasa, hanya kalian berdualah yang bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

#8 Bertemu

Sejauh apapun jaraknya cobalah sempatkan waktu untuk bertemu, entah itu sebulan sekali atau bahkan satu tahun sekali, semakin sering akan semakin baik. Masalah finansial memang sulit terlepas untuk jenis hubungan seperti ini, memang jarak yang jauh akan menjadi kendala tersediri karena membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan pasangan-pasangan lain. Untuk itu persiapkanlah anggaran khusus untuk biaya pertemuan Anda dan si dia. Mulailah menabung sebagai salah satu usaha Anda menjaga hubungan Anda dan pasangan. Karena bagaimana pun juga, pertemuan tetap menjadi penting dalam sebuah hubungan karena bisa menjadi obat kangen yang sangat mujarab.

#9 Berpikir positif

Memang harus diakui hubungan jarak jauh ini memamng rentan dengan pikiran-pikiran negatif, cemburu dan pikiran-pikiran buruk lainnya. Cobalah untuk tidak selalu memikirkan hal-hal dari sisi negatifnya saja, mulailah membiasakan diri untuk melihat sesuatu dari sisi positifnya seperti karena jarak yang tidak dekat justru membuat Anda dan pasangan menjadi lebih kreatif yang bahkan tidak terpikirkan oleh pasangan normal yang justru membuat hubungan kalian jadi lebih romantis dibandingkan mereka, kalian jadi bisa belajar untuk bersabar, saling pengertian dan tidak cemburuan.

#10 Jangan pedulikan omongan-omongan buruk

Apapun yang kalian lakukan pasti ada saja orang-orang yang akan berkomentar negatif. Jangan sampai omongan-omongan buruk tersebut mempengaruhi hubungan Anda dan pasangan. Jangan dengarkan mereka, kalian yang menjalani hubungan tersebut jadi biar kalian juga yang membuat omongan-omongan buruk itu tidak akan terjadi. Buktikan kepada mereka bahwa apa yang mereka ucapkan dan apa yang mereka pikirkan tidaklah benar.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...