Home Artikel Produktivitas

Mungkin menjadi sangat mudah untuk bersikap positif ketika Anda sedang berada dalam sebuah lingkungan yang positif. Lain halnya jika Anda dituntut untuk tetap bisa bersikap sepositif mungkin sementara sedang berada dalam lingkungan yang penuh kenegativan. Hal ini tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri. Sebagai contoh lingkungan tempat bekerja yang sering kali di penuhi dengan macam-macam kenegativan seperti ocehan atasan, tuntutan pekerjaan yang membabi buta, ketidakcocokan dengan rekan kerja bisa berdampak negatif jika Anda tidak bisa menghadapinya dengan cara yang tepat, positif dan profesional.

bersikap positif

Tentu saja bersikap positif ditengah kenegativan tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Kali ini kami akan memberikan lima tips yang akan membuat Anda lebih positif saat berada di tempat kerja.

Kesadaran

Hal pertama yang harus Anda ketahui supaya bisa tetap bersikap positif selama berada di tempat kerja adalah kesadaran. Kesadaran disini maksudnya adalah dengan mengenali sikap negatif yang ada di sekitar Anda. Untuk mengetahui mana yang negatif sangatlah mudah, kamu cukup merasakan apa saja yang membuatmu merasa buruk dan tidak nyaman. Nah, jika sudah mengetahui apa-apa saja kenegativan yang ada di sekitar, Anda akan mulai bisa mengidentitaskan apa yang terjadi sehingga nantinya Anda akan bisa membuat pilihan yang tepat untuk menangani masalah tersebut.

Mulailah dari Diri Sendiri

Dengan cara apa Anda ikut andil terhadap hal-hal negatif yang terjadi disekitar Anda? Apakah Anda ikut bergosip mengenai atasan yang cerewet atau hobi mengkritik pekerjaan orang lain? Jika Anda termasuk dalam kategori pelaku hal-hal negatif maka yang harus Anda lakukan adalah dengan menghentikannya sekarang juga. Jika Anda ingin bersikap positif makan mulailah dari diri sendiri untuk tidak melakukan hal-hal negatif. Jangan hanya bisa mengeluh sementara Anda sendiri juga ikut melakukannya, jika begitu Anda baru saja membuang-buang waktu dan energi yang berharga. Belajarlah untuk menghormati hak-hak orang lain untuk menjadi diri sendiri.

Sampaikan Pendapat dan Unek-unek

Biasakanlah untuk memberitahu apa yang Anda tau dan rasakan kepada orang lain. Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasa tidak suka dengan hal-hal yang dilakukan orang disekitarmu cobalah untuk mengatakannya. Misalnya ada teman kantor yang mengajak Anda bergosip mengenai atasan yang cerewet, bicaralah baik-baik dan katakan “Saya tidak tertarik membahas tentang keburukan orang lain” atau saat rekan kerja ada yang marah-marah karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai cobalah katakan “Pekerjaan kamu tidak akan menjadi lebih cepat selesai meskipun kamu terus marah-marah ataupun mengeluh. Manfaatkan waktu mengeluhmu untuk mempercepat menyelesaikan pekerjaanmu” lama-kelamaan mereka pasti akan berpikir sejenak sebelum memberikan pengaruh negatif terhadap Anda. Alhasil, kemungkinan Anda untuk terbawa kearus negatif akan semakin berkurang.

Jadilah Orang yang Konstruktif, Positif, Bermakna dan Bermanfaat

Sadarilah tujuan utama Anda dalam berbicara, apakah ingin membantu atau hanya sekedar ingin melukai? Hanya untuk iseng atau memberikan manfaat kepada mereka yang Anda ajak bicara? Fokuslah untu menjadi orang yang konstruktif, positif, bermakna dan juga bermanfaat. Sehingga selain nantinya Anda akan bersikap lebih positif, Anda pun akan membawa orang lain untuk mengikuti jalur yang sama yaitu menjadi orang yang positif.

Memuji dan Mengakui

Apakah Anda tahu seberapa besar dampak dari sebuah pujian dan pengakuan? Sangat besar! Mereka yang dihadiahi pujian dan pengakuan akan merasa dihargai dan akan lebih semangat untuk melakukan hal yang sama di kemudian hari. Cobalah sesekali untuk memberikan pujian terhadap hasil kerja bawahan atau rekan kerja. Jangan hanya bisa mencaci saat seseorang melakukan kesalahan tapi hanya diam saja ketika mereka melakukan hal yang benar. Biasakan untuk menghargai setiap hal yang telah orang lain lakukan sehingga bisa menyebarkan aura positif kepada orang lain.

Tak peduli apapun yang terjadi disekitar Anda, Andalah yang harus mengendalikan diri Anda sendiri. Anda jugalah yang harus menentukan bagaimana cara menghadapi masalah-masalah yang terjadi disekitar Anda. Pilihan tetap ditangan Anda, apakah ingin menjadi orang yang tetap positif ataukah terbawa arus menjadi negatif? Dibutuhkan pemimpin sejati yang bisa berjalan ditengah kerumunan. Maksudny adalah diperlukan keberanian yang besar untuk bisa tetap bersikap positif sementara orang-orang disekitar Anda terus melakukan hal-hal negatif tanpa mempedulikan tanggapan miring dari orang lain.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...