Home Artikel Relationship

Tentu setiap orang ingin memiliki hubungan yang baik bersama pasangannya. Sayangnya dengan bertambahnya usia hubungan terkadang akan membuat tingkat kualitas hubungan menjadi menurun. Hal ini bisa sangat mempengaruhi kelancaran hubungan Anda dan pasangan kedepannya. Untuk itu Anda harus pandai-pandai menjaga kualitas hubungan Anda dan si dia agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

kualitas hubungan kekasih

Menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan. (Photo by Bev Goodwin)

Cara Menjaga Kualitas Hubungan

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kualitas hubungan Anda dan pasangan:

Lakukan hal-hal seperti yang Anda lakukan pada tahun pertama mulai berkencan

Mungkin setelah berjalannya waktu, hari berganti bulan, bulan berganti tahun membuat hubungan Anda dan pasangan tidak seindah seperti pada tahun-tahun pertama kalian berkencan. Mungkin kalian mulai kehilangan kesabaran, kelembutan, keromantisan, perhatian, pemahaman dalam hubungan yang kalian jalani, hingga akhirnya muncul perasaan bosan atau jenuh. Jika hal tersebut sudah mulai terjadi, cobalah untuk mengingat-ingat bagaimana hubungan kalian pada awal-awal berkencan dahulu dan cobalah untuk melakukannya lagi bersama pasangan. Anggaplah sebagai nostalgia, yang nantinya akan membuat kalian berdua bisa mengenang masa-masa indah itu.

Mintalah apa yang Anda inginkan

Adakalanya saat hubungan sudah berlangsung cukup lama, tak jarang yang berasumsi dan berharap bahwa pasangan sudah sangat mengenal dengan baik mengenai diri Anda sehingga tidak perlu meminta apa yang Anda inginkan. Ini salah besar, sampai kapan pun pasangan bukan cenayang yang bisa menebak apa yang kamu pikirkan. Biasakan untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran Anda. Jika menginginkan sesuatu maka ucapkan, biarkan mereka mengerti apa yang Anda inginkan.

Jangan tanya “bagaimana harimu hari ini?”

Pertanyaan ini sering kali ditanyakan kepada pasangan setelah mereka kembali dari beraktivitas. Tujuannya pasti hanya sekedar ingin mengetahui apa saja yang pasangan Anda lalui seharian. Sayangnya pertanyaan tersebut justru termasuk pertanyaan membosankan yang nantinya juga akan menghasilkan jawaban yang membosankan. Misalnya “Bagaimana harimu hari ini?” lalu di jawab, “Baik, bagaimana denganmu?” jika sudah begitu pasti kan kehabisan bahan obrolan kan? Kenapa tidak mengajukan pertanyaan yang lebih menarik seperti “Apa saja yang membuat kamu tersenyum hari ini?” atau “Bagian mana yang membuatmu tertantang hari ini?” pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu akan di jawab dengan berbagai macam jawaban yang lebih variatif.

Buat ritual mingguan untuk kencan

Mungkin nantinya Anda berdua akan sama-sama sibuk dengan pekerjaan Anda masing-masing dan memiliki sedikit waktu untuk bersama. Hal ini bisa menurunkan kualitas hubungan Anda. Untuk itu cobalah untuk membuat ritual mingguan yang bisa kalian isi dengan kencan di taman, nonton atau dinner di restoran favorit kalian. Hal ini sangat baik dilakukan untuk menjaga kualitas hubungan karena bertemu bisa memperkuat ikatan secara emosional.

Ide kreatif untuk dihabiskan bersama pasangan

Jika bosan melakukan pertemuan yang begitu-begitu saja, kenapa tidak mencoba hal-hal kreatif yang sedikit unik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan? Jika nonton dan dinner menjadi sesuatu yang terlalu mainstream cobalah melakukan kencan-kencan kreatif seperti menanam bunga di taman bersama-sama, belajar merajut pakaian bersama, atau membuat kue bersama pasangan.

Berusaha untuk memahami kata tidak setuju

Selisih paham dalam sebuah hubungan sudah pasti sering terjadi, namun pastikan untuk dapat mengendalikan diri saat Anda sedang tidak sependapat dengan pasangan. Misalkan Anda ingin pergi ke suatu tempat namun si dia menolak dengnan alasan sedang lelah. Nah, cobalah untuk memahaminya dan tidak terlalu menuntutnya untuk melakukan apa pun yang Anda mau.

Jangan terlalu enteng mengucapkan kata maaf

Memang minta maaf merupakan tindakan yang baik jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, tapi akan berbeda jika Anda mengucapkan kata maaf dengan sangat mudah tanpa memahami inti dari permintaan maaf itu sendiri. Anda terlalu sering mengucapkan kata maaf namun kembali mengulang kesalahan yang sama di waktu-waktu berikutnya dan mengucapkan kata maaf lagi. Pada akhirnya kata maaf Anda menjadi tidak akan berarti lagi.

Pemilihan kata yang baik saat marah

Saat terjadi pertengkaran atau selisih paham mungkin tak sedikit pasangan yang cenderung menggunakan kata-kata makian kepada pasangannya untuk melampiaskan kekesalannya. Namun hal tersebut bukanlah sebuah keputusan yang baik. Anda dan pasangan sudah sama-sama dewasa dan sudah tidak sepantasnya melontarkan kata-kata makian hanya karena merasa marah. Kendalikan emosi dengan baik, rasa marah dan kesal atau apapun memang harus dikeluarkan supaya pasangan mengetahui apa yang Anda rasakan. Namun, pastikan untuk menggunakan kata-kata yang tidak akan emnyakiti hatinya karena bagaimanapun mereka adalah orang yang selama ini Anda cintai.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...