Home Video

Derek Redmond adalah atlet lari dari Inggris, pemegang rekor nasional Inggris untuk lari 400 meter, memenangkan medali emas untuk lari estafet 4×400 meter pada Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Eropa dan Pekan Olahraga antar negara Commonwealth. Pada olimpiade Barcelona 1992, dia adalah kandidat juara lari 400 meter.

Derek Redmond mulai berlari, namun larinya terhenti pada 150 meter. Derek jatuh karena cedera hamstring. Derek terisak-isak. Ia terkapar di arena lari. Namun apa yang terjadi kemudian sungguh luar biasa.

Ia bangkit. Ia berlari, sambil terpincang-pincang menahan rasa sakit. Beberapa official mendekatinya dan menyuruhnya berhenti, namun ia tidak menggubrisnya. Ia terus berlari. Tiba-tiba dari kerumunan penonton, seseorang berlari mendekatinya, setelah berhasil menerobos penjagaan pihak keamanan stadion. Ia merangkul Derek.

Ia mengatakan, “Nak, sebaiknya kamu berhenti. Tidak mungkin kamu bisa menang..”

Derek menjawab, “Tidak. Aku harus berlari sampai finish.”

Orang itu berkata lagi, “Baiklah. Mari kita berlari bersama. Ulurkan tanganmu ke pundakku…”

Demikianlah, mereka berdua berlari sepanjang lintasan, sampai garis finish.

Kegigihan Derek memukau penonton saat itu. Meskipun Derek didiskualifikasi dari lomba, 65.000 penonton melakukan standing ovation pada saat ia memasuki garis finish. Derek kalah dari lomba, namun ia memenangkan hati penonton. Dia mengalahkan rasa sakitnya, dan memenangkan lomba untuk dirinya sendiri.

Pria yang mendukung sepenuhnya aksi Derek itu adalah ayahandanya, Jim Redmond.

Luar biasa. Inilah momen tak terlupakan dari Olimpiade Barcelona 1992. Kisah ini sangat menginspirasi, dan seringkali dijadikan motivasi untuk pelari lainnya.

~ Mufti Aziz 

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...