Home Artikel Sehat & Bugar

Adakah pembaca sekalian yang tidak suka makan telur? jika ada, tampaknya Anda harus mulai belajar makan makanan yang satu ini mulai dari sekarang. Kenapa? karena faktanya telur memiliki begitu banyak manfaat baik terhadap tubuh kita. Sayang kan kalau sampai Anda melewatkan manfaat-manfaat tersebut begitu saja.

telur baik untuk kesehatan

Makan telur sangat baik untuk kesehatan tubuh

Nah, buat Anda yang kurang tertarik untuk mengkonsumsi telur coba untuk memahami beberapa alasan-alasan kenapa Anda harus makan telur berikut ini:

Menangkal Penyakit Stroke dan Serangan Jantung

Beberapa orang percaya bahwa kolesterol yang terkandung di dalam kuning telur dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Tapi tenang saja, ada kabar baik bagi para pecinta telur: Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan tidak nya hubungan antara telur dengan penyakit stroke dan serangan jantung. Hal ini menggugurkan mitos bahwa telur tidak baik untuk kesehatan.

Kebutuhan Vitamin Anda

Dalam sebuah telur rata-rata emngandung beberapa vitamin penting untuk kesehatan Anda, seperti:

  • Vitamin B2 atau riboflavin- yang membantu tubuh Anda untuk memecah makanan menjadi energi.
  • Vitamin B12 atau cobalamin sangat penting untuk memproduksi sel darah merah.
  • Vitamin A atau retinol- yang berperan besar untuk penglihatan Anda.
  • Vitamin E atau tokoferol membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan seluler dan mungkinkan menyebabkan kanker. Vitamin A dan B2 juga penting untuk pertumbuhan sel. Jadi pastikan anak-anak Anda makan telur secara teratur.

Kebutuhan Mineral penting

Dalam sebuah telur juga terkandung fosfor, zat besi dan seng. Mineral ini sangat penting bagi tubuh Anda. Anda perlu banyak zat besi supaya tidak mudah lelah dan tidak mudah marah-marah. Sementara, Zinc menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Kandungan Fosfor juga penting bagi kesehatan gigi dan tulang. Selain itu ada juga beberapa elemen penting yang ada di dalam telur yang tubuh Anda butuhkan seperti yodium, yodium ini berguna untuk membuat hormon tiroid dan selenium- antioksidan yang yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Telur dapat Mengurangi Risiko Kanker

Telur adalah salah satu sumber terbaik dari nutrisi kolin. Sebuah telur berukuran besar memiliki sekitar 33 persen dari RDA Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun ini menemukan bahwa 25 persen wanita yang mendapatkan asupan tinggi kolin lebih rendah untuk terkena kanker payudara.

Telur Menjaga Penglihatan Mata Anda

Kuning telur juga tinggi zeaxanthin dan lutein, antioksidan baik yang telah terbukti dapat menangkal degenerasi makula. Jadi, Anda masih tetap bisa melihat dengan baik di usia Anda yang ke-80an jika Anda rutin mengkonsumsi telur.

Mengkonsumsi Seporsi Telur Dadar Perhari dapat Mengecilkan Pinggang

Para peneliti menemukan bahwa makan telur saat sarapan akan membantu Anda membatasi asupan kalori sepanjang hari, lebih dari 401 kalori. Itu berarti Anda dapat kehilangan £ 3 atau lebih setiap bulannya. Hal ini mungkin karena telur membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan itu artinya Anda akan kehilangan rasa ingin ngemil.

Meskipun telur mengandung kolesterol, kolesterol yang terkandung di dalam telur berbeda dengan kolesterol yang ada dalam tubuh Anda. Sampai saat ini belum ada bukti bahwa makan telur akan meningkatkan kadar kolesterol darah Anda.

Baik untuk Otot

Telur mengandung asam amino tertentu yang membuat protein dalam telur mudah diserap oleh tubuh Anda. Ini berarti telur rebus adalah makanan ideal untuk memperbaiki otot sehabis berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...