Home Artikel Sehat & Bugar

Berita bagus untuk kamu, para penggemar teh hijau! Kamu pasti berpendapat bahwa teh hijau merupakan minuman yang luar biasa, ‘kan? Kandungan nutrisi potensial yang disebut dengan epigallocatechin gallate, atau EGCG, membuktikan bahwa teh hijau sangat baik sebagai obat.

Mau tahu apa saja keuntungan yang kamu dapat ketika mengonsumsi teh hijau? Ikuti ulasan menarik berikut ini yang kami lansir dari situs care2.com.

manfaat teh hijau

Teh hijau. Photo credit: Dan McKay / Flickr

Keuntungan Minum Teh Hijau

1.

Teh hijau mencegah pembentukan koresterol di pembuluh darah arteri dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Menurut hasil penelitian yang diumumkan awal bulan ini di Journal of Biological Chemistry, EGCG membantu mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah arteri. Hal ini bagus untuk mencegah penyakit, misalnya aterosklerosis yang menyerang dinding pembuluh darah.

2.

Studi lain yang dipublikasikan di Journal of Applied Oral Science, para ilmuwan menguji efek EGCG terhadap bakteri yang ditemukan di mulut, mutan Streptococcus, dan ternyata efektif. Penelitian tadi menggunakan EGCG pada material gigi. Namun meminum teh hijau yang mengandung zat tersebut kemungkinan besar memiliki efek penghambatan yang sama. Penelitian lain di Archives of Oral Biology mengonfirmasi bahwa ada efek antibakterial pada bakteri gigi yang berbahaya.

3.

Teh hijau memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Penelitian terbaru yang dipublikasi bulan lau di jurnal Experimental Cell Research menemukan bahwa EGCG menghambat metabolisme sel kanker pada tumor payudara.

4.

Teh hijau melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak, begitulah hasil penelitian yang dipublikasi di jurnal Pharmaceutical Development and Technology.

5.

Teh hijau secara umum merupakan pembakar lemak yang menakjubkan. EGCG meningkatkan kecepatan proses pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

6.

Teh hijau membakar lemak perut. Penelitian di Tufts University menengarai bahwa EGCG dalam teh hijau, seperti catechins yang lain, mengaktifkan pembakaran lemak di dalam abdomen atau perut sehingga meningkatkan penurunan berat badan sekitar 77 persen.

7.

Teh hijau menjaga kestabilan energi dengan menyeimbangkan level gula darah. EGCG meningkatkan insulin yang digunakan tubuh untuk mencegah perlonjakan gula darah yang dapat menyebabkan lelah, sifat lekas marah, dan nafsu makan terhadap makanan yang tidak sehat.

8.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mungkin baik untuk membantu melawan kanker paru-paru. Pada April 2010 suatu studi yang dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research, mengemukakan bahwa EGCG menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru.

9.

Teh hijau diduga dapat menghentikan kanker kolorektal. Pada beberapa studi yang masuk sekitar September 2012 di Onkology Letters, EGCG menghambat dan mencegah kanker kolorektal.

10.

Suatu penelitian mengemukanan bahwa teh hijau nampaknya menyebabkan sel kanker prostat mati. Studi di Cancer Science pada Maret 2010 menengarai bahwa EGCG membantu tubuh membunug sel-sel kanker prostat.

11.

Teh hijau diduga dapat mencegah kulit rusak dan keriput. EGCG mempunyai kekuatan 200 kali lebih baik dari vitamin E dalam menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit. Radikal bebas bereaksi dengan sel-sel sehat di tubuh sehingga menyebabkan kerusakan. Maka, mengurangi jumlah radikal bebas bisa jadi membantu untuk mengurangi keriput dan tanda lain dari penuaan.

12.

Teh hijau mengandung antioksidan potensial yang membunuh radikal bebas. Karena itu, Teh hijau mempunyai efek lebih dari sekedar melindungi sel kulit. Radikal bebas dihubungkan dengan meningkatnya banyak penyakit kronis serius, seperti arthritis, diabetes, dan kanker.

13.

Rasanya unik dan enak. Jika Anda ingin mencoba beberapa variasi, cobalah meminumnya dengan keadaan panas atau dingin. Mungkin juga Anda bisa menambahkan pemanis herbal, stevia, jika ingin teh hijau yang manis. Anda bisa juga membuat varian rasa baru the hijau, Teh hijau rasa lemon atau Lemonade Green Tea. Tambahkan perasan lemon dan beberapa tetes stevia pada teh hijau Anda. Dan, rasakan sensasinya!

Ada cara lain lagi. Tambahkan satu atau dua sendok daun teh hijau untuk secangkir air matang, sebaiknya gunakan saringan teh untuk cara ini. Biarkan selama lima menit. Tuang di atas gelas berisi es jika Anda lebih suka minuman dingin. Berapa kali sebaiknya mengonsumsi minuman teh hijau? Kebanyakan ahli merekomendasikan tiga cangkir setiap hari. Dan jangan khawatir, teh hijau mengandung kafein jauh lebih sedikit daripada kopi atau teh hitam.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...