Home Artikel Keluarga

Dalam sebuah hubungan pernikahan, kebahagiaan merupakan kunci utama keharmonisan dalam sebuah keluarga. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh seorang suami adalah dengan membuat istri Anda selalu merasa bahagia. Lalu bagaimanakah caranya supaya istri Anda merasa bahagia?

Berikut ini 7 kunci yang bisa Anda gunakan untuk membuat istri Anda merasa bahagia.

1. Jangan selalu melibatkan orangtua

Satu hal yang harus diketahui oleh para pria-pria yang ada di luar sana bahwa Anda menikah dengan istri Anda bukan dengan ibu Anda, sehingga jika terjadi pertengkaran dalam sebuah hubungan pernikahan maka selesaikan dengan istri tanpa melibatkan orang lain termasuk ibu Anda. Kenapa begitu? Karena jika ibu Anda ikut campur saat Anda dan istri sedang menghadapi pertengkaran maka otomatis ibu Anda akan berada di pihak Anda, entah Anda berada pada posisi benar atapun salah. Membela Anda dan menganggap bahwa istri Anda yang bersalah.

Jika hal ini sampai terjadi apalagi terjadi secara terus-menerus maka akan menimbulkan masalah yang lebih serius dalam kelanjutan hubungan pernikahan Anda. Semua orang tahu bahwa Anda mencintai ibu Anda dan dia sangat berharga bagi Anda namun satu hal yang harus Anda ingat saat ini Anda adalah pemimpin keluarga kecil milik Anda sendiri, dimana istri merupakan salah satu tanggung jawab utama Anda..

2. Seimbangkan kegiatan di luar rumah

Wajar jika setelah menikah pun Anda tetap menyukai aktivitas-aktivitas di luar rumah seperti memancing, atau sekedar bermain video game. Namun hal ini akan menjadi masalah jika Anda melakukannya secara berlebihan. Kegiatan-kegiatan tersebut jika dilakukan berlebihan akan membuat hubungan Anda dan istri menjadi tidak baik.

Coba saja bayangkan Anda menghabiskan waktu lebih banyak untuk kegiatan-kegiatan tersebut dan meninggalkan istri dan keluarga Anda di rumah. Pada akhirnya komunikasi antara Anda dan keluarga menjadi tidak lancar dan bisa berakhir dengan pertengkaran yang membuat hubungan menjadi tidak harmonis. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar menyeimbangkan waktu antara kegiatan di luar rumah dengan kehidupan pernikahan kalian.

3. Berikan ciuman

Biasakan untuk memberika ciuman kepada istri Anda sesampainya Anda di rumah setelah seharian bekerja. Kebiasaan ini sangat baik untuk membangun kedekatan emosional antara Anda dan pasangan. Selain itu istri Anda pun akan merasa sangat disayang dan dirindukan. Tidak ada yang bisa membuatnya lebih bahagia dibandingkan memikirkan bahwa Anda begitu merindukannya selama berada di tempat kerja. Tentu saja ini akan membuatnya merasa sangat bahagia. Kebiasaan ini juga bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anal Anda mengenai sebuah hubungan keluarga yang harmonis.

4. Kebiasaan nongkrong

Saat Anda sudah menikah adakalanya Anda akan merasa rindu dengan istilah “Boys Night Out”, aktivitas yang biasanya sering dilakukan oleh para pria-pria lajang bersama teman-temannya. Namun, saat Anda sudah menikah maka Anda harus mempertimbangkan jika ingin melakukan hal tersebut lagi karena kemungkinan besar istri Anda akan merasa khawatir jika mendengar istilah tersebut.

“Boys Night Out” biasanya cenderung sangat dekat dengan yang namanya club, alkohol, dan wanita. Tentu saja ini akan membuat istri Anda khawatir jika Anda melakukan hal yang tidak-tidak diluar sana. Maka dari itu pertimbangkanlah prioritas Anda sebagai seorang suami, jikalau sekali-sekali ingin hangout bersama teman-teman pria pastikan Anda tidak melibatkan minuman keras dan istri Anda memberikan ijin.

5. Jangan pasif

Menolak kepasifan bukan berati menyuruh Anda menjadi kepala keluarga yang ditaktor. Maksudnya adalah lebih peka terhadap hal-hal yang sedang terjadi dalam keluarga Anda. Jika terjadi suatu masalah maka Anda segera memberikan respon yang cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut bukannya malah cuek, pasif dan santai. Sebagai kepala keluarga Anda memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga dan mengayomi setiap anggota kelaurganya dengan penuh kasih sayang.

6. Ingat istri Anda tidak tumbuh besar bersama Anda

Pada awal-awal pernikahan Anda dan istri akan saling mengenal satu sama lain dengan lebih dalam. Apabila Anda menemui sedikit perbedaan-perbedaan yang tidak sesuai dengan kebiasaan Anda maka Anda harus mencoba untuk membiasakan diri. Satu hal yang harus Anda ingat bahwa istri Anda berasal dari keluarga lain yang tentu saja memiliki beberapa pola hidup yang tidak sama dengan cara hidup yang Anda biasa lakukan. Begitu pula sebaliknya.

Untuk itu akan sangat baik jika Anda dan pasangan untuk pelan-pelan belajar untuk saling menerima dan memahami kebiasaan masing-masing. Hal ini wajar terjadi karena Anda dan istri baru saja memulai untuk membangun sebuah kehidupan yang benar-benar baru secara bersama-sama.

7. Berani mengambil keputusan

Anda sebagai suami memiliki tugas sebagai kepala, pemimpin sekaligus pengambil keputusan akhir dalam keluarga. Ketika datang sebuah masalah, Anda yang berperan sebagai kepala keluarga haruslah bisa mengambil keputusan akhir terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Istri Anda akan sangat menghormati keputusan yang Anda ambil karena dengan Anda berani mengambil sebuah keputusan itu artinya Anda telah mengambil alih beban yang ditanggung olehnya menjadi tanggung jawab Anda.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...