Home Artikel Cantik & Gaya

Rambut kering bisa dialami oleh pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia. Hal ini terjadi saat rambut kekurangan kelembabannya. Pada rambut yang sehat, minyak alami di lapisan terluar rambut mampu melindungi lapisan dalam dan memantulkan cahaya sehingga membuat rambut tampak berkilau. Namun pada rambut kering, lapisan tersebut rusak dan minyak alami berkurang sehingga rambut tampak kusam.

Ada banyak faktor yang saling berpengaruh dan menyebabkan rambut kering, misalnya saja faktor genetik, kondisi lingkungan, dan masalah kesehatan. Kebiasan dan cara merawat rambut juga turut berkontribusi, termasuk seberapa sering Anda keramas, mengeringkan rambut, dll. Lalu, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam merawat rambut kering?

Perawatan Rambut Kering: yang harus dilakukan

merawat rambut kering

Ilustrasi: perawatan rambut. [Image by PublicDomainPictures/Pixabay]

1

Gunakan shampo khusus untuk rambut kering
Memilih produk yang tepat bisa memberikan banyak perubahan. Rambut kering membutuhkan nutrisi untuk mengembalikan kelembabannya. Pilih sampo dengan pH rendah dan berbahan lembut yang dapat membuat rambut halus dan bercahaya. Beberapa produk shampo menggunakan gliserin, kolagen, minyak zaitun, minyak jojoba, dll untuk merangsang kelembaban rambut. Pakai shampo di kulit kepala, bukan di ujung rambut.

2

Gunakan conditioner setelah keramas
Deterjen dalam shampo dapat membuat rambut kering sehingga perlu dilembabkan dengan conditioner. Gunakan conditioner secara terpisah, bukan shampo yang sekaligus mengandung conditioner. Pilih conditioner khusus rambut kering dan memiliki pH rendah.

Conditioner yang mengandung protein atau minyak alami juga baik untuk mengembalikan kesehatan rambut. Jika rambut Anda sangat kering, pertimbangkan untuk memakai leave-in conditioner yang tidak perlu dibilas.

3

Keringkan rambut sebelum memakai conditioner
Charles Worthington, ahli perawatan rambut dari London, menyarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu setelah keramas sebelum memakai conditioner. Hal ini dikarenakan kelebihan air dapat menghalangi conditioner untuk meresap ke dalam rambut. Jika Anda sedang terburu-buru, setidaknya serap kelebihan air dengan handuk. Pakai conditioner di ujung rambut dan hindari kulit kepala.

4

Lakukan deep conditioning seminggu sekali
Rambut kering cenderung lebih mudah rusak. Selain memakai conditioner biasa setelah keramas, ada baiknya untuk melakukan deep conditioning seminggu sekali. Anda dapat membeli deep conditioner yang mengandung protein, minyak almond, jojoba, kelapa, atau zaitun.

Anda juga bisa memanaskan conditioner biasa ke dalam microwave selama 15 detik sebelum digunakan. Cara lain, gunakan conditioner biasa dan tutup dengan shower cap. Biarkan selama 30 menit atau hangatkan dengan hair dryer sebelum dikeramas hingga bersih. Pastikan suhu hair dryer tidak terlalu tinggi agar rambut tidak rusak dan shower cap tidak meleleh.

5

Pilih sisir bentuk comb untuk rambut yang masih basah
Rambut yang masih basah biasanya lebih rapuh dan mudah patah. Pilihlah sisir jenis comb dengan gigi jarang untuk melepaskan rambut kusut. Menggunakan sisir berbentuk sikat (brush) dapat merusak rambut. Sisir dari ujung rambut hingga ke akar.

6

Perbanyak konsumsi makanan sumber omega-3
Pastikan Anda mencukupi kebutuhan omega-3 dalam diet Anda. Asam lemak esensial ini akan membantu menguatkan folikel rambut dan menjaga kelembabannya. Jangan lupa juga untuk minum cukup air agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Perawatan Rambut Kering: yang harus dihindari

1

Keramas setiap hari
Keramas setiap hari dapat membuat rambut kering menajdi semakin kering. Apalagi, produksi minyak alami akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Cukup keramas dua hingga tiga kali seminggu untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan rambut.

2

Keramas dengan air panas
Air panas dapat menghilangkan minyak alami rambut dengan cepat. Rambut juga mudah kusut dan cepat rusak. Gunakan air dingin atau hangat kuku untuk keramas. Hindari menggosok rambut dengan keras baik saat keramas maupun mengeringkan rambut.

3

Terlalu sering memakai hair dryer
Menggunakan hair dryer terlalu sering pun dapat merusak rambut. Kurangi pemakaiannya, biarkan rambut Anda kering secara alami. Jika Anda tetap ingin menggunakan hair dryer, blow dryer, atau alat catok, turunkan suhunya atau pakai produk heat-resistant untuk menghindari kerusakan. Jaga alat agar tidak terlalu dekat dengan rambut.

4

Terlalu sering mewarnai rambut
Memakai produk pewarna rambut atau bahan kimia lainnya terlalu sering dapat mengurangi kelembaban rambut. Hindari juga gaya rambut seperti kepang dll yang dapat menarik akar rambut dan memperparah kerusakannya. Lebih baik, gunakan vitamin atau nutrisi tambahan untuk merawat rambut kering.

5

Berpanas-panasan
Suhu udara tinggi dan paparan sinar matahari secara langsung merupakan salah satu faktor penyebab rambut kering. Selalu lindungi rambut Anda sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan topi atau payung saat berpergian. Pakai juga topi khusus saat berenang di kolam renang atau laut karena air garam dan klorin dapat merusak rambut.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...