Home Artikel Cantik & Gaya

Air merupakan salah satu hal yang dapat merusak berbagai jenis sepatu dan perlu dihindari jika ingin sepatu kesayangan Anda awet. Namun situasi ini akan sulit dihindari jika musim hujan datang. Apalagi jika sepatu Anda basah kuyup karena secara tak sengaja masuk ke kolam renang atau selokan.

Jika hal-hal yang tak diinginkan ini terjadi, tak perlu terlalu sedih. Anda bisa melakukan tiga langkah mudah untuk menyelamatkan sepatu kesayangan Anda. Berikut ini tips agar sepatu Anda tak rusak setelah terkena air:

Bersihkan sol bagian dalam sepatu

Hal pertama yang pada umumnya dilakukan setelah sepatu Anda basah kuyup karena terkena air adalah melepas sol bagian dalamnya. Jika sol bagian dalam ini kotor dan Anda merasa bisa mencucinya dengan mesin cuci, coba lakukan saja.

Namun jika sol hanya basah tanpa terkena kotoran, Anda cukup mengangin-anginkannya hingga kering. Tapi ingat, jangan gunakan dryer karena panas langsung yang tinggi dapat merusak sepatu Anda.

sepatu basah terkena air

Menghilangkan kotoran dan lumpur dari sepatu

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghilangkan kotoran dan lumpur yang melekat pada sepatu Anda. Coba gunakan sikat yang kaku untuk mengangkat kotoran yang ada. Jangan menggosoknya dengan kasar karena Anda dapat merusaknya.

Gunakan sikat khusus pada sepatu yang perlu perawatan khusus seperti kulit atau suede. Sepatu dengan kedua bahan ini juga perlu dilindungi dengan weatherproof sebelum digunakan di tengah musim hujan. Anda bisa menggunakan beeswax atau spray pelindung untuk melindungi sepatu Anda dari air.

Jika sepatu Anda terkena lumpur, mungkin Anda perlu membersihkannya dengan lap terlebih dahulu, baru gunakan sikat untuk membersihkan hingga ke celah-celah sepatu. Bersihkan dengan teliti, terutama pada bagian dimana sepatu bertemu dengan sol karena di area ini kotoran biasanya banyak berkumpul.

Jika sneaker Anda sangat kotor dan sulit dibersihkan dengan cara lain, cobalah mencucinya dengan mesin cuci. Sepatu jenis ini biasanya dapat dicuci dengan deterjen. Namun hati-hati karena mencuci dengan mesin cuci dapat membuat sol mudah terlepas.

Keringkan sepatu dengan kertas koran

Setelah sepatu Anda bersih dari segala kotoran, siapkan kertas koran. Remas koran menjadi bola-bola kecil dan masukkan ke dalam sepatu Anda. Kertas koran berfungsi untuk mengangkat kelembaban dari sepatu Anda.

Sekali lagi, ingat untuk tidak menggunakan dryer atau heater karena panas langsung dapat merusak sepatu Anda. Bisa-bisa sepatu Anda justru akan sangat kering dan mudah pecah-pecah. Anda cukup bersabar dan menunggu sepatu kering dengan sendirinya untuk bisa digunakan kembali.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...