Home Produktivitas Karir

Mungkin adakalanya Anda merasa stres dan jenuh saat berada di tempat kerja, hal ini bisa saja terjadi karena banyaknya tumpukan tugas, atasan yang cerewet atau rekan kerja yang tidak bersahabat. Tapi jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk keluar dari tempat kerja karena masalah tersebut. Anda tetap bisa kok merasa bahagia selama berada di tempat kerja dengan mengikuti 10 tips dibawah ini:

#1 Jauhkan masalah pribadi saat berada di tempat kerja

Ketika Anda sedang dipusingkan dengan masalah-masalah pribadi, tentu saja ini akan berpengaruh besar terhadap pekerjaan Anda. Anda akan sulit berkonsentrasi, menjadi tertekan dan tidak bahagia. Oleh sebab itu pastikan untuk tidak membawa masalah pribadi selama berada di tempat kerja. Sama seperti Anda harus melepaskan masalah kantor untuk bisa menikmati waktu di rumah, penting untuk melepaskan masalah pribadi sehingga bisa fokus dan produktif saat bekerja.

#2 Jadikan meja kerja Anda senyaman mungkin

Setidaknya Anda akan menghabiskan waktu selama minimal delapan jam sehari di tempat kerja, bahkan lebih banyak dibandingkan waktu Anda di tempat tidur. Bisa jadi Anda akan merasa bosan jika ruangannya terlalu monoton. Maka dari itu penting untuk membuat kantor atau meja kerja Anda senyaman mungkin, sesuai dengan apa yang Anda inginkan namun tetap disesuaikan dengan kebijakan kantor sehingga Anda bisa merasa nyaman dengan tempat kerja Anda. Misalnya dengan menghias meja kerja Anda dengan foto-foto orang tersayang, atau meletakan pernak-pernik yang bisa membuat pikiran lebih tenang.

cara nyaman di tempat kerja

Mengatur meja kantor membuat suasana kerja lebih nyaman

#3 Suarakan pendapatmu

Berkumpul dalam sebuah kelompok dengan berbagai latar belakang serta gaya hidup yang berbeda-beda tentu bisa memberikan banyak tekanan tersendiri selama Anda berada di tempat kerja. Untuk itu, cobalah untuk menyuarakan pendapatmu kepada orang-orang yang mengerti Anda karena ini benar-benar bisa membantu Anda meminimalkan stress selama berada di tempat kerja.

#4 Makan makanan sehat dan banyak minum air

Untuk menjaga mood tetap baik selama bekerja pastikan untuk makan makanan sehat dan banyak-banyaklah minum air. Karena dengan menjaga makanan dan menghindari dehidrasi dapat membuat peningkatan energi dalam tubuh Anda.

#5 Cobalah untuk lebih terorganisir

Kelolah jadwal pekerjaan Anda dengan baik misalnya dengan membuat jadwal khusus untuk menangani beban pekerjaan Anda. Karena jika Anda cenderung tipe orang yang tidak terorganisir maka bisa jadi Anda akan merasa kewalahan dan lebih sering mengalami ketidak puasaan. Dengan membiasakan diri untuk lebih terorganisir maka Anda akan lebih proaktif, memberikan kepuasan selama bekerja dan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi.

#6 Bergerak

Hampir selama berada di tempat kerja Anda berada dalam posisi yang sama seharian, tentu ini bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga bisa menyebabkan Anda merasa jenuh, lelah dan bosan. Untuk itu sekaligus demi menjaga kesehatan, sekali-kali perlu dilakukan sedikit peregangan misalnya dengan bangun atau bergerak sedikit untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

#7 Jangan mencoba untuk merubah rekan kerja

Pasti ada saja rekan kerja yang tidak sependapat dengan Anda atau cenderung bersikap tidak bersahabat dengan Anda, namun ingat Anda tidak bisa mengubah siapa pun jadi jangan mencoba untuk merubah rekan kerja Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Andalah yang perlu mengubah cara Anda bersikap terhadap mereka. Jangan biarkan tindakan orang lain mempengaruhi Anda. Carilah cara untuk menyelesaikan konflik dan mecegah terjadinya situasi yang tidak nyaman.

#8 Berikan penghargaan terhadap diri sendiri

Penghargaan tidak selalu berasal dari orang lain. Anda pun perlu mendapatkan penghargaan dari diri sendiri atas apa yang telah Anda lakukan selama ini misalnya dengan melakukan manikur, berlibur, karaoke, nonton film, hangout bersama teman-teman setelah Anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Sama halnya stres yang bisa mempengaruhi pekerjaan, aspek-aspek positif dalam kehidupan Anda juga akan sangat berpengaruh terhadap suasana hati selama berada di tempat kerja.

#9 Ambil napas kemudian keluarkan

Dalam yoga seringkali kita diminta untuk menarik napas panjang kemudian melepaskannya untuk memberikan ketenangan. Hal ini juga bisa Anda lakukan saat merasa stress saat di tempat kerja. Cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam kemudian lepaskan secara teratur, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

#10 Fokus pada hal-hal positif

bahagia di kantor

Berpikir positif dapat meningkatkan produktivitas kerja di kantor

Agar bisa merasa bahagia selama di tempat kerja maka Anda harus membiasakan diri untuk terus berpikiran positif, karena dengan selalu berpikiran positif maka pekerjaan Anda akan terasa lebih ringan dan lebih menyenangkan. Sebaliknya jika Anda terus berpikiran negatif mengenai segala masalah yang terjadi di tempat kerja maka pekerjaan Anda nantinya akan terasa lebih berat, kewalahan dan benar-benar tidak menyenangkan. Tentu saja ini akan berdampak pada hasil pekerjaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...