Home Artikel Keluarga

Banyak orang beranggapan travelling bersama anak-anak cenderung merepotkan, padahal sebenarnya tidak merepotkan jika Anda tahu bagaimana cara membuatnya menjadi simple dan menyenangkan. Apalagi pengalaman travelling bersama anak-anak ini bisa menjadi pengalaman terbaik bersama anggota keluarga.

Lalu bagaimanakah caranya supaya travelling bersama anak-anak menjadi simple dan menyenangkan? Mudah saja, kunci utama agar travelling Anda dan anak-anak berjalan mulus adalah dengan memperhatikan kebutuhan mereka dengan baik, mampu menyeimbangkan antara waktu istirahat dengan berbagai kegiatan yang akan mereka lakukan sepanjang perjalanan. Selain itu, karena anak-anak cenderung mudah bosan dan lelah, mereka menjadi mudah rewel oleh karenanya Anda harus benar-benar bisa menyiasatinya dengan baik supaya si anak tidak cepat bosan dan tidak lagi rewel.

Nah berikut ini adalah 10 tips bagi Anda yang ingin mencoba travelling bersama anak-anak.

Santai

Rencanakan perjalanan Anda dan anak-anak dengan tidak terburu-buru. Anda juga harus merencanakannya dengan serealistis mungkin, jangan memaksakan untuk membuat rencana dengan begitu banyak kegiatan tanpa mempertimbangkan kekuatan si anak. Tujuannya memang berusaha ingin membuat anak merasa senng dan bahagia. Namun, ada yang harus digaris bawahi yaitu jangan terlalu memaksakan anak karena jika terlalu lelah melakukan banyak kegiatan selama travelling bisa saja si anak jadi jatuh sakit.

Rencanakan bersama seluruh anggota keluarga, diskusikan mengenai tempat, kegiatan, harapan, serta anggaran yang akan digunakan selama travelling secara bersama-sama. Melalui diskusi tersebut Anda akan belajar lebih banyak mengenai kebutuhan, keinginan serta tujuan yang diinginkan oleh masing-masing anggota keluarga.

Fleksibel

Ada baiknya melakukan travelling di luar periode liburan, alasannya karena selain dapat menghindari kepadatan di tempat-tempat wisata sehingga Anda dan anak-anak bisa lebih menikmati acara travelling tersebut, Anda juga bisa menghemat beberapa anggaran seperti biaya penerbangan dan akomodasi. Carilah waktu libur yang tidak bersamaan dengan musim liburan agar traveling Anda dan anak-anak bisa terasa lebih menyenangkan.

Mengepak dengan efisien

Bawalah barang-barang secukupnya karena Anda tetap bisa membeli barang-barang lain yang Anda butuhkan di sana. Gulung pakaian, kaus kaki dan pakaian dalam di dalam sepatu untuk menghemat ruangan di dalam tas. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian terberat Anda saat berangkat tujuannya untuk mengurangi beban di dalam tas. Pilihlah pakaian-pakaian yang fleksibel dan nyaman. Biarkan anak memilih sendiri barang-barang apa yang sekiranya mereka butuhkan, namun tetap mendapat pengawasan dari Anda, tujuannya adalah untuk melatih keterampilan si anak.

Tips memilih tempat menginap

Pilihlah lokasi yang nyaman untuk anak-anak yaitu daerah yang aman dan tengah serta dekat dengan tempat-tempat menarik seperti atraksi lokal, outlet makanan, pantai atau taman yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Ini akan menghemat waktu, uang dan membuat anak Anda tidak cepat bosan. Anda juga bisa bertanya untuk mengenai penawaran keluarga yang biasanya berisi fasilitas-fasilitas seperti potongan harga, makan gratis untuk anak-anak, saluran TV, loundry, kolam renang atau ruang bermain. Pastikan juga tempat Anda menginap sudah dilengkapi dengan lift ya, jangan sampai Anda harus menaiki tangga dengan membawa berbagai macam barang sambil menggandeng tangan si anak.

Mengatur anggaran

Tentukan anggaran yang nyaman dan sesuai dengan keluarga Anda. Anggarkan secara mendetil termasuk penginapan, transportasi, barang-barang seperti souvenir, hiburan, dan kegiatan tak terduga lainnya. Jangan lupa untuk terus melibatkan anak-anak Anda untuk memastikan mereka merasa nyaman dengan rencana travelling kalian. Ingat, perjalanan dengan anak-anak tidaklah harus mahal yang terpenting adalah kenangan yang nantinya akan Anda dan anak-anak perloleh selama perjalanan.

Bawalah beberapa kenyamanan dari rumah

Biarkan anak-anak tetap merasakan kenyamanan di rumah selama travelling dengan membawa beberapa barang kesayangan mereka seperti mainan, boneka, buku atau pemutar musik portabel. Barang-barang tersebut akan membuat anak merasa nyaman dan merasa seperti di rumah.

melakukan perjalanan bersama anak

Tips melakukan perjalan bersama anak dan keluarga. [Image by cocoparisienne/pixabay]

Mengabadikan kenangan anda

Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen yang akan Anda dan anak-anak lalui selama travelling. Anda juga bisa sambil mengajarkan anak-anak untuk menulis jurnal perjalanan dengan menyelipkan potongan-potongan foto yang telah mereka abadikan.

Siapkan makanan sendiri

Usahakan untuk selalu menyiapkan makanan ringan sendiri untuk persediaan selama perjalanan. Jangan beranggapan bahwa Anda bisa membelinya saat Anda singgah disuatu tempat nanti karena bisa jadi harganya akan sangat mahal. Selain itu anak-anak juga sering rewel jika sedanng lapar, dengan adanya persiapan makanan masalah yang satu ini bisa diatasi untuk sementara.

Cek kesehatan

Salah satu hal terpenting sebelum melakukan travelling bersama, masing-masing anggota keluarga harus melakukan cek kesehatan agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama melakukan travelling. Pastikan keluarga Anda dalam kondisi yang prima untuk melakukan sebuah perjalanan. Jangan lupa untuk membawa P3K yang dirasa akan dibutuhkan selama perjalanan.

Perjalanan malam hari

Saat memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, atau bus, cobalah untuk mengambil jadwal perjalanan di malam hari. Dengan begitu Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk akomodasi malam dan bisa beristirahat sepanjang malam. Sehingga besok paginya Anda akan langsung siap melakukan petualangan.

Tinggalkan Balasan

Latest Posts

Wanita muslim

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...