Home Orang & Tokoh

Terdapat individu-individu manusia yang menakjubkan telah tercipta di dunia ini, yang memberikan banyak pengaruh dan perubahan di masa hidupnya. Kehidupan mereka merupakan teladan, kisahnya mendatangkan inspirasi, dan tindakannya memberikan banyak perubahan pada orang-orang di sekitarnya.

Namun bagaimana jika pengaruh dan kharisma mereka terus bertahan hingga ratusan hingga ribuan generasi setelahnya? Itulah yang akan anda temukan di dalam tulisan ini, yaitu daftar orang-orang paling berpengaruh sepanjang masa.

Daftar ini disusun berdasarkan buku karya Michael H. Hart: The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History

10

Albert Einstein

manusia paling berpengaruh, einsteinvia en.wikipedia.org

Albert Einstein adalah ilmuwan yang telah dikenal luas. Ia adalah fisikawan dan penemu teori relativitas. Einstein juga banyak memberikan sumbangsih bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”.

9

Christopher Columbus

manusia paling berpengaruh, colombus

Christopher Columbus dikenal sebagai navigator ulung asal Italia, penjajah dan penjelajah yang pelayarannya membawa masyarakat Eropa secara umum sadar akan keberadaan benua Amerika. Ia tiba di Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492. Perjalanan tersebut didanai oleh Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol setelah ratu tersebut berhasil menaklukkan Andalusia.

8

Johannes Gutenberg

manusia paling berpengaruh, gutenberg

Ia adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak, yang digunakan dalam membuat anggur.

7

Cai Lun (Ts’ai Lun)

manusia paling berpengaruh di duniavia www.cultural-china.com

Cai Lun adalah seorang praktisi pemerintah di masa Imperium China. Ia dianggap sebagai manusia paling berpengaruh karena kontribusinya pada dunia sebagai penemu kertas.

Meskipun bentuk awal kertas sudah ada di Cina sejak abad ke-2 SM, dia dianggap yang pertama melakukan perbaikan secara signifikan dan melakukan standardisasi pembuatan kertas dengan menambahkan bahan-bahan baru yang penting ke dalam komposisinya.

6

Santo Paulus (Paul the Apostle)

paulus

Paulus dari Tarsus (awalnya bernama Saulus dari Tarsus) atau Rasul Paulus, (3 Masehi–67 Masehi) diakui sebagai tokoh penting dalam penyebaran dan perumusan ajaran kekristenan yang bersumberkan dari pengajaran Yesus Kristus. Paulus memperkenalkan diri melalui kumpulan surat-suratnya dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen sebagai seorang Yahudi dari suku Benyamin, yang berkebudayaan Yunani (helenis) dan warga negara Romawi. Ia lahir di kota Tarsus tanah Kilikia (sekarang di Turki), dibesarkan di Yerusalem dan dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel. Pada masa mudanya, ia hidup sebagai seorang Farisi menurut mazhab yang paling keras dalam agama Yahudi. Mulanya ia seorang penganiaya orang Kristen (saat itu bernama Saulus), dan sesudah pengalamannya berjumpa Yesus di jalan menuju kota Damaskus, ia berubah menjadi seorang pengikut Yesus Kristus.

5

Confucius (Kong Hu Cu)

confuciusvia sdsu.edu

Kong Hu Cu adalah seorang filsuf dan pemikir sosial yang berasal dari China. Ia adalah pendiri ajaran Kong Hu Cu (Confucianism) yang sangat berpengaruh dalam pola pikir dan kehidupan di China, Korea, Jepang, Vietnam dan juga Indonesia.

Filosofinya menekankan pada moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai seorang nabi.

4

Siddhartha Gautama (Buddha)

buddha

Siddhartha Gautama adalah guru spiritual dan filsuf dari India kuno. Ia adalah pendiri Buddhisme (ajaran Buddha ,–yang Tercerahkan–), dan juga dianggap sebagai Buddha Gautama dalam agama Hindu.

Berbagai koleksi ajaran yang dikaitkan dengannya diturunkan melalui tradisi lisan, dan mulai ditulis sekitar 400 tahun kemudian.

3

Yesus

jesus

Yesus adalah figur sentral umat Kristiani, agama terbesar di dunia. Dijunjung penganut ajaran Kristen sebagai Anak Tuhan dan inkarnasi Tuhan. Yesus merupakan pemimpin spiritual, penyembuh, dan juga pembawa mukjizat serta juru selamat umat manusia. Dalam ajaran Islam, ia juga dianggap sebagai Nabi Allah, dengan nama Isa al-Masih.

2

Isaac Newton

isaac newton manusia berpengaruh di dunia

Sir Isaac Newton adalah seorang ahli fisika dan matematika asal Inggris. Selain itu ia juga dikelan sebagai filsuf, teolog, ahli astronomi dan juga kimia. Isaac Newton merupakan tokoh utama dibalik Revolusi Ilmiah melalui bukunya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica yang menjelaskan tentang hukum gravitasi universal dan hukum tiga gerak, sehingga ia dipercaya sebagai ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa.

1

Nabi Muhammad S.A.W

manusia paling berpengaruh muhammad saw

Muhammad S.A.W adalah seorang tokoh sentral umat Muslim sedunia, dan dalam ajaran Islam beliau merupakan seorang Nabi dan Rasul terakhir serta pembawa kitab suci Al-Qur’an. Dalam hidupnya, Muhammad S.A.W dikenal sebagai seorang reformis, orator ulung, diplomat, pemimpin militer, dan teladan yang berpengaruh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Posts

Wanita muslim
0 632

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...