Home Artikel Produktivitas

Tuntutan pekerjaan dan lingkungan tak jarang menimbulkan rasa stres yang berlarut-larut. Padahal, stres tak hanya berakibat buruk pada kesehatan mental, namun juga dapat berpengaruh pada kesehatan fisik. Stres ditengarai menjadi akar beberapa penyakit kronis seperti depresi, gangguan kardiovaskular, darah tinggi, dan penyakit infeksi lainnya.

Karena itulah Anda perlu menemukan kegiatan yang paling tepat untuk meredakan tingkat stres Anda. Meski tak serta merta menghilangkan stres, saat tekanan berkurang, Anda bisa merasakan detak jantung menjadi lebih tenang, gelombang otak lebih teratur, pembuluh darah lebih lancar, serta kondisi emosional kembali netral.

Seperti  yang kami lansir dari situs huffingtonpost.com, Dr. Chynthia Ackrill dari American Institute of Stress and WellSpark menjelaskan bahwa beberapa kegiatan manajemen stres dapat meningkatkan DHEA. Hormon tersebut berfungsi mengatur inflamasi yang merupakan salah satu bentuk stres.

Dokter firma pengembangan kepemimpinan itu juga menyebutkan beberapa aktivitas sederhana yang dapat membantu meredakan stres. Meski demikian, Dr. Ackrill mengingatkan agar Anda tak hanya bergantung pada kegiatan ini, namun berusaha mengatasi masalah yang menjadi sumber stres kita secara langsung.

Aktivitas untuk Mereadakan Stress

Berikut ini 16 aktivitas yang dapat meredakan stres Anda secara instan:

1. Mandi air hangat
Dr. Ackrill mengatakan mandi air hangat dapat menenangkan kondisi psikologis, membuat pembuluh darah kita lebih rileks, dan membantu mengatasi insomnia.

2. Berdoa
Berdoa dapat membuat orang-orang merasa terhubung dengan kesehatan spiritualnya. Dengan berdoa, Anda bisa melepaskan kegelisahan serta memasrahkan masalah Anda kepada Tuhan.

Penelitian yang dilakukan Lisa Miller, direktur Clinical Psychology dan Spirituality Mind Body Institute di Teachers College, Columbia University, bahkan menemukan bahwa orang-orang yang memiliki keyakinan dan berdoa secara teratur memiliki korteks lebih tebal daripada mereka yang tidak. Korteks tebal ini menjadi indikator bahwa peluang mereka menderita depresi lebih kecil.

3. Makan Cokelat
Cokelat mengandung dopamin dan serotonin yang dapat membuat perasaan lebih baik. Namun, Dr. Ackrill berbendapat bahwa konsumsi cokelat dalam jangka panjang tidak terlalu baik karena gula yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan inflamasi.

4. Bermain dengan hewan peliharaan
Memelihara hewan ternyata bisa menjadi aktivitas yang menyehatkan. Dr. Ackrill menjelaskan bahwa rasa cinta kita terhadap hewan peliharaan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan efek negatif dari stres.

5. Mendengarkan musik klasik
Beberapa jenis musik dapat meningkatkan koherensi detak jantung sehingga kondisi jantung kita menjadi sehat. Dan jika Anda aktif mendengarkan musik tersebut, perhatian Anda akan masalah yang menyebabkan stres bisa sedikit teralihkan. Sistem syaraf kita memang hanya dapat memproses sejumlah informasi dalam satu waktu, sehingga kita cenderung bisa melupakan hal lain saat menyibukkan diri.

6. Mendapat pelukan
Jangan remehkan kekuatan hubungan antar manusia dalam mengatasi stres. Dr. Ackrill mengungkap bahwa kita semakin membutuhkan sentuhan saat kita sedang menghadapi masalah. Sayangnya, seiring bertambahnya umur, kita seringkali semakin segan untuk meminta sentuhan.

Pelukan dapat melepaskan hormon oxytocin yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian. Tak hanya pelukan, pijatan juga dapat merangsang dilepaskannya senyawa kimia anti stres.

7. Merajut
Gerakan ritmis dan energi kreatif yang dicurahkan saat merajut dapat mengurangi sres secara cepat. Gerakan berulang dalam merajut dapat mengaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang membuat Anda tenang. Seorang wanita bernama Sarah Huerta bahkan sembuh dari post-traumatic stress disorder yang dialaminya selama bertahun-tahun setelah melakukan terapi merajut.

8. Mendengarkan buku audio
Saat Anda mendengarkan buku audio untuk mengurangi stres, perhatian Anda akan masalah yang sedang dihadapi akan teralihkan. Akan lebih baik lagi jika buku yang Anda dengarkan dapat merangsang kreatifitas untuk mengatasi masalah.

9. Mengajak anjing peliharaan jalan-jalan
Saat Anda mengajak anjing jalan-jalan, Anda sebenarnya melakukan tiga kegiatan untuk mengurangi stres sekaligus. Yakni berolahraga, bermain dengan hewan peliharaan, dan mendekatkan diri dengan alam.

10. Minum cukup air
Saat pikiran kita stres, kita cenderung mengalami dehidrasi. Tak hanya menyegarkan diri, minum cukup air juga dapat membantu tubuh menangani reaksi-reaksi yang mungkin terjadi saat kita stres.

11. Mendengarkan lagu
Mendengarkan lagu dapat memperbaiki suasana hati Anda, terutama lagu ceria atau lagu inspiratif. Misalnya saja “Everyday” dari Dave Matthews Band yang video musiknya menampilkan banyak adegan pelukan.

12. Makan es krim stroberi
Seperti cokelat, penurun stres instan ini dapat menimbulkan efek buruk jika dikonsumsi dalam waktu lama. Es krim dapat menghasilkan hormon dopamin dan serotonin, namun kandungan gulanya dapat menyebabkan inflamasi yang merupakan salah satu jenis stres internal.

13. Mengambil nafas dalam-dalam
Inilah salah satu cara yang paling murah dan sudah lama digunakan untuk merekdakan stres. Bernafas dalam-dalam dapat mengatur ulang pola-pola di dalam otak, meningkatkan koherensi detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan banyak lagi. Meditasi dan yoga termasuk dalam cara ini.

14. Melihat keluarga tersenyum
Merasakan cinta dari anggota keluarga dapat merangsang dilepaskannya hormon DHEA yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan senyawa kimia lainnya.

15. Menangis
Menangis dapat melepaskan ketegangan Anda dengan cepat. Penelitian yang dilakukan University of Minnesota juga menunjukkan bahwa menangis dapat mmembantu meluruhkan bahan kimia negatif penyebab stres di dalam tubuh. Hormon endorfin yang mengatur rasa bahagia pun keluar saat kita menangis.

16. Menari
Menari merupakan salah satu cara efeksif untuk meredakan stres. Gerakan tubuh dapat melepaskan senyawa kimia yang mengurangi sres dan dapat mendukung perkembangan kontak. Menari juga termasuk dalam olahraga yang dapat menyaingi kerja antidepresan.

Leave a Reply

Latest Posts

Wanita muslim
0 1289

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...