Home Artikel Keluarga

Tak ada yang lebih menyenangkan daripada kulit bayi yang lembut dan kenyal, serta memiliki aroma yang khas. Walaupun begitu, bukan berarti kulit bayi tidak membutuhkan perawatan. Kulit bayi merupakan lapisan pelindung, sehingga kenyamanan dan kelembabannya harus terjaga dengan baik. Kulit bayi yang tampak segar nyatanya sangat sensitiv dan mudah terkena iritasi, biang keringat, ruam, dan lain sebagainya.

Tips Merawat Kulit Bayi

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memanjakan kulit bayi anda, sekaligus membuatnya tetap nyaman.

1.

Memandikan Bayi
Walaupun tampaknya anda menyukai ritual memandikan bayi, perlu anda ketahui bahwa bayi anda tidak butuh mandi lebih dari dua kali dalam sehari, setidaknya hingga mereka mulai merangkak dan meraih semua benda yang ada di depannya. Menggunakan spons mandi lembut pada area popok, mulut, dan lipatan kulit (jemari, ketiak, selangkangan, dsb) sudahlah cukup.

Pilihlah liquid pembersih khusus bayi yang ringan dan tidak menyebabkan kulit bayi menjadi kering atau membuat matanya perih. Gunakan jenis sabun yang ringan atau anda juga bisa mempertimbangkan jenis pembersih yang soap-free (bebas sabun) khusus bayi. Jenis pembersih yang terakhir disebut memang tidak banyak berbusa, namun cukup efektif untuk membersihkan. Hindari sabun batangan atau busa mandi.

Selain itu anda tetap harus memperhatikan panduan dasar keamanan bayi, seperti menopang kepala bayi, suhu air yang digunakan (tidak terlalu panas atau dingin), dan persiapkan segala perlengkapan dalam jangkauan tangan anda, karena anda tidak boleh melepas dan membiarkan bayi anda sendirian.

2.

Melindunginya dari Sinar Matahari
Lindungi bayi anda dari terpaan sinar matahari sebanyak mungkin, khususnya antara jam 10 hingga jam 4 sore. Jika memang harus keluar di tengah hari, kenakan pakaian pelindung untuk melindungi kulit bayi anda yang masih sensitiv. Pakaikan topi, baju dan celana yang menutupi seluruh tangan dan kaki bayi, serta oleskan krim sunblock (setidaknya SPF 15) untuk melindunginya dari radiasi UVA dan UVB yang berbahaya.

Untuk bayi di bawah 6 bulan, cukup oleskan sunblok pada bagian yang susah/tidak tertutup oleh pakaian bayi, misalnya muka atau tangan. Jika anda tidak yakin dengan penggunaan krim sunscree/sunblock, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.

Jika anda ingin bayi anda mandi sinar matahari (yang mana baik untuk kesehatan) pagi, anda cukup aman melakukannya di bawah jam 9 pagi.

3.

Pakaian dan Popok Bayi
Kulit di area popok bayi sering basah, akibat banyaknya gesekan, balum lagi jika bayi ngompol atau buang air. Semuanya itu dapat membuat kulit bayi iritasi. Gantilah popok bayi secara berkala untuk mengatasi hal tersebut. Bersihkan area tersebut dengan lembut sebelum memasang popok, menggunakan tisu basah yang bebas alkohol atau dengan kain basah yang bersih.

Anda juga bisa mengoleskan krim pelindung sebelum memasang popok, dan pasang popok saat kulit bayi telah kering.

Sehubungan dengan pakaian bayi, pilihlah jenis pakaian yang tipis dan lembut. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk tidak menggunakan pakaian dengan bahan nilon karena akan membuat bayi gerah dan mudah berkeringat.

Saat mencuci pakaian bayi, gunakan deterjen cair yang bebas pengharum atau pelembut. Deterjen seperti itu tidak dianjurkan untuk pakaian bayi, karena kandungan bahan kimianya bisa membuat kulit bayi iritasi, ruam atau gatal. Selain itu aroma yang melekat pada pakaian juga tidak baik bagi bayi anda. Pisahkan pakaian bayi dan pakaian keluarga yang lain saat mencuci.

4.

Jaga Kelembaban Kulit Bayi
Benarkah kulit bayi membutuhkan pelembab seperti halnya pada remaja dan orang dewasa? Ya. Berikan krim atau minyak yang dapat melembabkan kulit bayi segera setelah mandi agar bayi selalu merasa nyaman dan mencegah kulit kering. Anda juga bisa menggunakan bedak atau minyak telon sebagai ganti krim pelembab khusus bayi. Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol atau pewangi buatan.

Baca selalu petunjuk penggunaan, tanggal kadaluarsa produk, dan juga anjuran yang tertera pada tiap produk yang akan anda gunakan. Untuk memastikannya, anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Posts

Wanita muslim
0 607

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...