Home Artikel Keluarga

Mengasuh anak, atau parenting, bisa menjadi tugas yang luar biasa, terutama jika mempertimbangkan tuntutan-tuntutan anak-anak saat ini. Jika melihat kondisi anak-anak yang tumbuh untuk belajar hal-hal baru setiap harinya, pandangan mereka tentang dunia di sekitar mereka jelas-jelas berbeda dari pandangan anak-anak di era sebelumnya. Jadi, kadang-kadang menjadi agak sulit untuk memahami bagaimana cara anak-anak menyerap informasi saat ini. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa prinsip yang harus dilakukan jika ingin menjadi orangtua yang baik. Tips-tips berikut ini diharapkan bisa membantu para orangtua dalam membentuk anak-anaknya dan memungkinkan dia untuk mengambil hal-hal baru dengan cara yang benar dalam kehidupan.

#1 Terlibat Dengan Kegiatan Anak Anda Setiap Harinya

Sebagai orang tua, sangat penting untuk aktif melibatkan diri dalam kegiatan, aktivitas dan keseharian anak setiap harinya. Anda harus mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan sepanjang hari. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memantau keseharian dari si anak. Meskipun Anda tidak bisa terus menerus bersama anak setiap waktu namun usahakan untuk selalu menyempatkan diri untuk menanyakan kepada anak mengenai hal-hal apa saja yang dia lakukan sepanjang hari tadi, apa saja yang dia pelajari di sekolah, makanan-makanan apa yang dia makan hari ini atau informasi-informasi baru apa yang dia temukan hari ini.

#2 Jangan Bersikap Terlalu Baik

Salah satu prinsip penting yang harus diingatkan kepada para orangtua adalah untuk tidak bersikap terlalu baik kepada anak, karena hal ini bisa menjadi bencana di masa yang akan datang jika Anda tetap melakukan kebaisaan tersebut. Maksudnya terlalu baik disini adalah kebiasaan para orangtua yang ingin membahagiakan anaknya cenderung mendorong mereka untuk bersikap memanjakan anak-anaknya. Apapun yang diinginkan si anak akan dituruti, alasannya supaya si anak merasa bahagia. Padahal ini merupakan prinsip yang salah, karena dengan memanjakan si anak dan memberikan dengan mudah apapun yang mereka inginkan maka mereka tidak akan belajar mengenai perjuangan dan kesabaran. Sayangi mereka dengan sewajarnya, ingatkan jika mereka melakukan kesalahan, dan biasakan untuk tidak dengan mudah memberikan apa yang mereka inginkan.

#3 Perhatikan Tindakan Anda Sendiri

Ini adalah salah satu prinsip yang kebanyakan orang tua lupa. Mereka sibuk memperhatikan sikap dan prilaku anaknya tapi lupa memperhatikan prilakunya sendiri. Padahal, sikap dan prilaku mereka bisa dijadikan contoh bagi si anak dalam bertindak. Jadi, usahakan untuk tidak melakukan tindakan-tindakan tidak baik yang akan menggangu pertumbuhan mental dan jiwa si anak. Jika Anda tidak ingin nantnya anak Anda menjadi anak yang pemarah dan egois jangan tunjukan sikap tersebut dihadapan mereka.

#4 Pastikan untuk Mengikuti Aturan yang telah Ditetapkan

Salah satu cara untuk memegang kendali atas anak Anda adalah dengan membiasakan mereka dengan aturan-aturan tertentu. Buatlah peraturan yang tidak terlalu mengikat tapi tidak juga terlalu membebaskan mereka. Dengan mengikuti aturan-aturan yang ada anak telah diajarkan untuk bersikap disiplin. Selain itu, Anda juga bisa memiliki kendali atas perilaku anak secara spesifik.

#5 Konsisten Dengan Aturan Anda

Jika Anda sudah membuat sebuah aturan pastikan untuk menjalankan aturan tersebut dengan konsisten. Jangan mengubah aturan tersebut seenaknya, karena ini juga akan memberikan efek negatif pada anak. Selain itu, pastikan Anda sebagai orangtua untuk konsisten menegakan aturan tersebut sesuai yang telah disepakati sebelumnya. Dengan bersikap konsisten terhadap anak-anak mengenai aturan-aturan yang ada akan membuat mereka lebih terbiasa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Posts

Wanita muslim
0 607

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...