Home Artikel Sehat & Bugar

Gigi berlubang, sebagai akibat dari kerusakan atau pembusukan gigi, terjadi ketika plak (substansi yang terbentuk dan menempel di gigi) bercampur dengan gula dan sisa-sisa makanan yang kita makan. Kombinasi ini akhirnya menghasilkan asam yang akan menyerang enamel gigi.

Jika tidak diperhatikan dengan baik, kerusakan gigi sangat pasti terjadi, mengingat aktivitas gigi sehari-hari yang digunakan untuk mengunyah makanan. Untungnya, kerusakan gigi dan gigi berlubang dapat dicegah dengan mudah.

Mencegah Gigi Berlubang dan Kerusakan Gigi

1.

Menyikat Gigi
Menyikat gigi dengan rutin adalah senjata utama untuk mencegah berbagai proses kerusakan gigi, termasuk gigi berlubang. Sikat gigimu setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Idealnya, sikat gigi dilakukan beberapa saat setelah makan dan sebelum tidur.

2.

Flossing / Membersihkan Sela Gigi
Sisa-sisa makanan akan terjebak di sela-sela gigi saat kita makan. Jika sisa makanan tersebut tidak dibersihkan, akan mengakibatkan pembusukan pada gigi. Flossing biasanya dilakukan dengan menggunakan benang, walaupun saat ini juga telah banyak alat yang bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi.

3.

Makan Makanan yang Sehat
Nutrisi yang tepat sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut secara alami. Selain itu coba batasi konsumsi makanan ringan, khususnya yang bergula seperti permen, keripik, dan lainnya yang sangat mungkin akan meninggalkan jejak di gigi dan menciptakan plak. Setelah mengunyak jenis makanan seperti itu, segeralah menyikat gigi anda.

4.

Mengunjungi Dokter Gigi
Banyak lubang dan rongga pada gigi yang hanya bisa dideteksi oleh dokter gigi. Yaitu lubang-lubang mikro dan nano yang hanya tampak melalui sinar X. Secara rutin memeriksakan gigi dan berkonsultasi dengan dokter gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi secara umum.

5.

Memasang Sealant Gigi
Sealant gigi adalah pemasangan lapisan (plastik) pada permukaan gigi kunyah atau geraham. Sealant dapat mencegah proses gigi berlubang karena gigi akan terlindung dari plak dan  bakteri. Sealant sangat baik digunakan pada anak yang baru memulai proses penumbuhan gigi permanen, namun bisa juga diaplikasikan pada orang dewasa. Jangan lupa untuk menanyakan informasi tentang sealant gigi ketika berkunjung ke dokter gigi anda.

6.

Menggunakan Obat Kumur
Banyak jenis larutan atau obat kumur yang bisa melawan bakteri dan plak perusak gigi. Menggunakan obat kumur setelah sikat gigi atau setelah makan efektif untuk mencegah gigi berlubang.

7.

Mengunyah Permen Karet (tanpa gula)
Percaya atau tidak, mengunyah beberapa jenis permen karet tanpa gula dapat mencegah proses pembusukan gigi yang mengarah pada gigi berlubang, karena aktifitas tersebut dapat meningkatkan produksi saliva (air liur) di mulut, dan membantu melarutkan sisa-sisa makanan di mulut.

Leave a Reply

Latest Posts

Wanita muslim
0 1243

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...