Home Artikel Produktivitas

Bagaimana jadinya jika Anda sedang memiliki banyak tugas-tugas penting tapi justru tidak ada hal yang bisa Anda lakukan saat itu? maka inilah saatnya untuk belajar melakukan pekerjaan dengan lebih efisien. Lebih dari itu, Anda tidak hanya bisa melakukan lebih banyak pekerjaan, tapi Anda juga akan punya waktu luang di jam kerja Anda. Yang perlu Anda ketahui hanya beberapa rahasia kecil untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.

#1 Prioritaskan pekerjaan Anda

Pasti Anda pernah merasa dalam situasi di mana Anda memiliki banyak pekerjaan sampai bingung harus mulai dari yang mana. Akhirnya Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengeluh tentang banyaknya pekerjaan tersebut, dan memikirkan mana dulu yang harus dikerjakan pertama, tapi pada akhirnya Anda tetap tidak mengerjakan apapun. Nah, sekarang cobalah untuk memprioritaskan tugas-tugas yang lebih mendesak terlebih dahulu, baru kemudian mulai melakukan tugas-tugas yang kurang penting. Pekerjaan tidak akan selesai jika hanya terus dipikirkan tanpa Anda kerjakan.

#2 Fokus pada pekerjaan Anda sendiri

Jangan mengambil terlalu banyak tanggung jawab, terutama jika Anda merasa stres dan kewalahan. Fokus pada pekerjaan Anda sendiri, jangan takut untuk mengatakan tidak kepada bos atau rekan kerja jika memang dirasa Anda tidak bisa menyelesaikannya. Jika memungkinkan, Anda bisa mengalihkannya pada hari berikutnya. Jangan memaksakan diri untuk mengambil semua pekerjaan padahal Anda tidak yakin bisa menyelesaikannya, karena jika Anda mulai kewalahan dan stress dengan tumpukan pekerjaan tersebut sangat mungkin jika nantinya Anda akan melakukan kesalahan. Jika sudah sampai begitu, bisa saja hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan Anda gagal untuk menyelesaikan sebuah proyek penting.

#3 Mengatur meja Anda

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja adalah dengan mengatur meja Anda. Jika meja Anda berantakan, tentu saja akan sulit bagi Anda untuk menemukan catatan-catatan penting. Alhasil, Anda akan menghabiskan banyak waktu berharga untuk mencari-cari mereka dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu. Jadi mulai sekarang, rapikan meja Anda supaya bisa menghemat waktu dan bisa bekerja lebih efisien.

#4 Hindari Gangguan

Saat ini internet dan jaringan sosial adalah gangguan terbesar di tempat kerja. Memang sulit untuk menghentikan aktivitas-aktivas tersebut meskipun sedang berada di tempat kerja. Tapi tahukah Anda, jika Anda tetap melakukannya maka Anda mungkin berakhir dengan membuang-buang banyak waktu di situs media sosial bukannya melakukan pekerjaan Anda. Ingat, Anda dibayar untuk melakukan pekerjaan dengan baik, bukan untuk melihat media sosial. Satu lagi, cobalah untuk menghindari rekan kerja yang cerewet. Karena ia akan terus mengganggu Anda dengan berbagai kicauannya.

#5 Beristirahat sejenak

Jika Anda sedang dikejar-kejar oleh tumpukan pekerjaan, bisa jadi tanpa sadar Anda akan mengesampingkan istirahat. Padahal, Anda tidak akan lebih produktif jika Anda meraasa lelah. Pertimbangkan untuk istirahat sejenak atau tidur siang singkat agar Anda merasa lebih segar. Cara ini akan membantu Anda lebih fresh sehingga tidak sampai melakukan kesalahan. Satu lagi, jangan makan di meja kerja, lebih baik memilih untuk melakukannya ditempat lain.

#6 Jadwal

Jika Anda merasa bisa bekerja lebih fokus di pagi hari maka pastikan untuk menjadwalkan tugas-tugas yang paling sulit untuk dikerjakan pada waktu itu. Sehingga nanti Anda tinggal mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih mudah di siang hari hingga menjelang jam pulang kantor tanpa ada beban pekerjaan yang sulit dan membuat sakit kepala.

#7 Berhenti terus-menerus memeriksa inbox Anda

Jika Anda sedang tidak menunggu email penting, maka berhenti memeriksa pesan Anda setiap 5-10 menit sekali. Ingat, Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan puluhan pesan-pesan yang tidak terlalu penting itu bisa menunggu. Jika memang ada keperluan yang penting biarkan mereka melakukan panggilan kepada Anda jadi Anda tidak perlu sering-sering mengecek pesan.

Dengan bekerja lebih efisien tentu saja ini akan menjadi lebih baik lagi bagi Anda ataupun bagi atasan Anda. Bisa jadi ini juga akan berpengaruh terhadap gaji Anda. Jadi mulai sekarang, usahakan untuh bisa bekerja dengan lebih produktif ya!

Leave a Reply

Latest Posts

Wanita muslim
0 1289

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...