Home Produktivitas Karir

Hampir setiap karyawan menghabiskan sebagian besar harinya di kantor. Kondisi tersebut sangat mudah menimbulkan kejenuhan, bosan, kehilangan antusiasme, dan parahnya lagi dapat menurunkan produktivitas kerja. Komplikasi di atas membuat anda tak dapat menikmati karir anda, dan waktu akan terasa sangat lambat pada jam kerja.

Terlepas dari kenyataan bahwa pekerjaan atau karir yang sedang anda jalani bukanlah karir impian anda semasa kecil, memulai hari dan berangkat kerja dengan sikap yang positif akan banyak membantu anda. Menunjukkan bahwa anda bahkan dapat merangkul dan menangani pekerjaan yang sulit dengan penuh semangat dan antusias dapat membuat anda meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Atasan anda pasti suka dengan seseroang yang bersikap ‘mampu mengambil inisiatif’.

membuat pekerjaan lebih menyenangkanSikap positif membuat pekerjaan lebih menyenangkan. Gambar: Alex France via flickr.com

Buatlah pekerjaan menjadi sesuatu yang dapat dinikmati, dan mungkin suatu saat anda akan mulai mencintai pekerjaan tersebut, bahkan anda tak sabar menunggu untuk kembali ke kantor setiap paginya.

#1 Memulai hari dengan senyuman (…dan tawa)

Terdengar klise memang, namun cara ini betul adanya. Berangkat kerja dengan hati dan mood yang negatif bisa membuat hari anda terasa kosong. Anda dapat lebih menikmati pekerjaan anda dengan memulai hari dan berangkat kerja dengan senyum dan mood positif. Sempatkan beberapa menit di pagi hari anda untuk tertawa, bercanda dengan keluarga saat sarapan, mengunjungi situs humor online favorit, hingga sekedar berbagi tawa dengan teman seperjalanan ke lokasi kerja.

#2 Tantang diri anda untuk meraih level lebih tinggi

Tak peduli di manapun posisi anda saat ini, pasti selalu ada ruang untuk perbaikan dan peningkatan. Jika anda adalah seorang karyawan, cobalah tantang diri anda untuk mendapatkan posisi setingkat lebih tinggi dalam perusahaan setelah beberapa waktu tertentu. Buat deadline atau target waktu untuk tantangan tersebut. Bagaimana jika anda adalah karyawan dengan posisi tinggi atau sedang menjalankan usaha wiraswasta? Maka tantanglah diri anda untuk membawa bisnis anda ke jenjang dan level yang lebih tinggi atau luas.

#3 “Melakukan kebaikan” acak di tempat kerja

Melakukan hal baik kepada rekan kerja ataupun orang yang bekerja dengan anda bisa menumbuhkan kenikmatan bagi pekerjaan anda. Traktir rekan kerja yang berada di samping bilik anda saat makan siang. Andapun bisa memberikan hadiah kecil pada klien yang berulang tahun. Intinya adalah: kebaikan itu menular. Ketika setiap orang tersenyum kepada anda, pekerjaan anda akan lebih menyenangkan.

#4 Bentuk ikatan dengan rekan kerja

Anda bisa menjadikan pekerjaan anda lebih menyenangkan dengan menjalin pertemanan di tempat kerja. Mengapa begitu? karena anda dan siapapun yang di tempat kerja anda berada dalam satu kapal yang sama. Akrabkan diri anda dengan seseorang yang nyambung dengan anda. Temukan kesamaan anda dengan seseorang dan anda dapat menggunakannya untuk membangun ikatan pertemanan. Itu bisa apa saja, misalnya ketika anak kalian berada pada sekolah yang sama, atau ketika anda sama-sama suka menu makan siang yang sama di kantin dekat tempat kerja.

#5 Tinggalkan pekerjaan setelah jam kerja berakhir

Bisa jadi hal ini adalah poin paling penting  untuk lebih menikmati pekerjaan anda. Ya! tinggalkan urusan pekerjaan anda hanya untuk jam kerja. Pulang dan rileks-lah. Berikan 100% saat kerja, dan berikan 100% pula saat tidak kerja. Habiskan waktu menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman anda. Jangan biarkan tekanan dan urusan pekerjaan mempengaruhi waktu berharga anda bersama keluarga dan teman. Bahkan jika anda memiliki masalah atau sedang berurusan dengan klien menjengkelkan di kantor, tinggalkanlah hal tersebut untuk esok hari di kantor.

Hal paling utama untuk lebih menikmati pekerjaan atau membuat pekerjaan anda lebih menyenangkan adalah sikap anda sendiri. Fokuslah hanya pada sisi positif dari pekerjaan dan posisi anda, maka aspek negatifnya tak lagi tampak sangat menjemukan bagi anda.

Leave a Reply

Latest Posts

Wanita muslim
0 1243

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...