Home Artikel Produktivitas

Saat Anda sedang merasa stres maka ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat stres dan ketegangan tersebut. Salah satunya adalah dengan bersantai. Namun disamping cara tersebut masih banyak loh cara yang lebih efektif. Apa saja? simak saja 10 cara ampuh yang wajib anda coba untuk menghilangkan stres berikut ini:

#1 Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan adalah pereda stres paling mudah dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk melemaskan otot dan menenangkan pikiran. Relaksasi dengan teknik pernapasan sangat membantu karena Anda dapat melakukannya di mana saja, dan cara ini akan bekerja dengan cepat sehingga Anda dapat mengurangi stres dalam sekejap.

#2 Meditasi

Meditasi dilakukan melalui pernapasan dalam. Ketika Anda bermeditasi, otak Anda akan memasuki area yang fungsinya mirip dengan tidur, tapi tentu saja dengan manfaat lainnya. Meditasi ini memungkinkan Anda untuk ke waktu.bisa membangun ketahanan yang lebih besar terhadap stres dari waktu.

#3 Guided Imagery

Butuh sedikit lebih banyak waktu untuk berlatih guided imagery, tapi ini adalah cara yang bagus untuk melepaskan stres Anda untuk sementara waktu dan membuat rileks tubuh Anda. Sebagian orang merasa lebih mudah berlatih guided imagery dibandingkan meditasi.

#4 Visualisasi

Anda juga bisa membayangkan diri Anda untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu seperti menjadi lebih sehat atau lebih santai, melakukan pekerjaan dengan baik, dan penanganan konflik dengan cara-cara yang lebih baik. Anda bisa meningkatkan kinerja Anda melalui cara visualisasi ini.

#5 Yoga

menghilangkan stres

Yoga efektif untuk mengatasi stres. Kredit foto: Jean Henrique Wichinoski

Yoga adalah salah satu latihan perbaikan diri tertua yang telah digunakan selama lebih dari 5.000 tahun! Cara ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa teknik manajemen stres seperti pernapasan, meditasi, citra dan gerakan, yang akan memberikan Anda banyak manfaat sesuai dengan jumlah waktu dan energi yang dibutuhkan.

#6 Self-hypnosis

Self-hypnosis menggabungkan beberapa fitur dari guided imagery dan visualisasi, dengan manfaat tambahan yaitu memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan pikiran bawah sadar untuk meningkatkan kemampuan Anda, Cara ini memang membutuhkan latihan dan pelatihan khusus, tetapi sangat patut untuk dicoba.

#7 Olahraga

Banyak orang berolahraga dengan tujuan untuk mengontrol berat badan, mendapatkan kondisi fisik yang lebih baik untuk menjadi lebih sehat atau menarik secara fisik, tapi satu hal yang perlu Anda ketahui olahraga dan manajemen stres memiliki berhubungan erat. Olahraga akan mengurangi tingkat gangguan situasi stres seseorang, perasaan frustrasi, dan mengalirkan zat endorfin dalam tubuh.

#8 Seks

Anda mungkin pernah mendengar bahwa seks adalah pereda ketegangan yang baik. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat fisik dari seks yang bekerja sangat baik dalam proses menghilangkan stres. Sayangnya, banyak orang justru malas melakukan seks saat mereka sedang dalam tingkat stres yang tinggi.

#9 Musik

Terapi musik telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan mulai dari kasus-kasus ringan seperti stres hingga kasus berat seperti kanker. Ketika berhadapan dengan stres, musik yang tepat sebenarnya dapat menurunkan tekanan darah Anda, tubuh Anda akan merasa santai dan menenangkan pikiran Anda.

#10 Lebih Terorganisir

Walaupun membiasakan diri menjadi orang yang lebih terorganisir tidak terlalu dianggap sebagai salah satu teknik manajemen stres tapi percayalah kegiatan ini bisa mengurangi stres yang Anda hadapi, bahkan bisa membuatmu lebih tenang. Energi yang kamu gunakan untuk kegiatan ini akan mengalihkan perhatianmu dari stres yang sedang kamu hadapi.

Leave a Reply

Latest Posts

Wanita muslim
0 1289

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...