Home Artikel Cantik & Gaya

Kulit merupakan salah satu bahan sepatu yang paling banyak digemari baik oleh kaum pria maupun wanita. Sepatu jenis ini dapat membuat Anda tampak dewasa dan elegan. Sepatu kulit juga cocok digunakan dalam situasi formal atau semi formal.

Merawat sepatu kulit sendiri termasuk susah-susah gampang. Tanpa perawatan yang tepat, sepatu kulit dapat mengering hingga akhirnya pecah-pecah dan bahkan retak. Pada dasarnya, ada lima langkah yang perlu dilakukan untuk merawat sepatu, yakni persiapan, pembersihan, conditioning, polishing, dan perlindungan.

Yang perlu Anda ingat, ada perbedaan antara perawatan sepatu berbahan kulit, suede, nubuck, ataupun sepatu olahraga. Tips-tips berikut ini ditujukan untuk merawat sepatu kulit jenis smooth leather.

Tips Merawat Sepatu Kulit

1

Memilih produk perawatan dan persiapan
Pastikan produk yang akan Anda gunakan direkomendasikan untuk sepatu berbahan smooth leather. Untuk melakukan perawatan secara menyeluruh, Anda memerlukan bahan-bahan berikut ini:

  • Koran
  • Sarung tangan
  • Lap atau kain katun halus
  • Sikat sepatu halus
  • Pembersih
  • Conditioner
  • Semir sepatu
  • Pelindung (produk waterproofing)

Bekerjalah di atas koran, gunakan sarung tangan, dan lakukan perawatan di area yang memiliki ventilasi baik. Persiapan ini sangat penting karena banyak produk perawatan sepatu mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya.

2

Membersihkan Sepatu
Bersihkan sepatu dari kotoran dengan bahan pembersih yang dibuat khusus untuk sepatu berbahan smooth leather. Bahan pembersih ini dapat berbentuk gel, busa, spray, cairan, atau krim. Banyak pembersih kulit biasanya dijual bersama applicator top, atau Anda bisa menggunakan sikat sepatu lembut untuk membantu membersihkan kotoran di permukaan sepatu. Sikat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dari celah-celah retakan sepatu.

Setelah dibersihkan, biarkan sepatu kering selama beberapa menit dan mulai lap dengan kain katun lembut, baik kain khusus sepatu maupun kaos lama Anda. Yang penting lembut dan terbuat dari katun.

3

Conditioner
Conditioning dapat membantu melembabkan sepatu Anda sehingga lebih lembut, mencegahnya mengering dan pecah-pecah. Sepatu kulit jenis tertentu dan sepatu yang digunakan di daerah kering biasanya memerlukan conditioning lebih sering.

Beberapa produk pembersih ada yang berupa pembersih dan conditioner sekaligus. Namun jika Anda ingin sepatu Anda mendapat perawatan secara lengkap, gunakan produk untuk pembersih dan condition secara terpisah. Carilah conditioner berbahan alami yang dapat terserap ke bahan sepatu. Karena conditioner sintesis hanya dapat melembabkan bagian permukaan saja.

Cara penggunaannya, gosokkan sedikit conditioner pada sepatu dan usapkan ke seluruh permukaan. Setelah beberapa menit, hapus conditioner yang tersisa seluruhnya karena kulit hanya menyerap semampunya saja.

4

Menyemir dan Memoles Sepatu (Polishing)
Banyak orang mungkin tidak sadar bahwa produk semir sepatu banyak yang mengandung bahan kimia beracun dan digolongkan sangat berbahaya. Bahan kimia ini dapat terserap dalam kulit maupun terhirup ke dalam tubuh Anda.

Karena itu, pastikan Anda menggunakan sarung tangan sebelum memulai polishing. Anda juga dilarang minum alkohol saat menyemir sepatu karena dapat meningkatkan efek bahan kimia tertentu. Jangan lupa jauhkan semir sepatu dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

Gunakan semir sepatu harus di area dengan ventilasi baik. Seluruh isi produknya juga harus digunakan. Jika masih tersisa, berikan pada orang lain untuk dimanfaatkan. Jika ingin membuangnya, semir sepatu harus ditangani sebagai substansi rumah tangga berbahaya. Lap atau pakaian yang digunakan saat menggunakan polish juga harus segera dibuang.

Meski beberapa polisher diklaim tidak beracun, kebanyakan perusahaan tidak mencantumkan bahan pembuatannya, sehingga kita tidak mungkin tahu apakah produk tersebut benar-benar bebas dari bahan kimia berbahaya. Jika Anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri, bawa sepatu Anda ke tukang reparasi untuk dibersihkan dan disemirkan.

Semir sepatu tersedia dalam bentuk cairan, krim, atau pasta. Semir cair dapat mengering dengan cepat, namun tidak tersedia dalam banyak pilihan warna dan tidak awet dibandingkan bentuk lainnya. Semir pasta paling awet, namun hasilnya sangat tidak rapi dan cara pemakaiannya cukup lama. Semir krim paling nyaman digunakan dan tersedia dalam banyak pilihan warna.

Coba semir pada titik yang tidak terlalu mencolok terlebih dahulu dan pastikan warnanya sudah tepat. Gosokkan ke sepatu dengan kain lembut dan biarkan mengering sepenuhnya. Setelah semir mengering, usap dengan kain lembut atau sikat yang dibuat khusus untuk mengkilapkan sepatu.

Anda juga dapat menggunakan semir alternatif tradisional yang lebih aman. Misalnya mengusap sepatu kulit Anda dengan bagian dalam kulit pisang, minyak zaitun, atau minyak kenari. Gunakan sedikit saja pada sepatu dan usap dengan kain katun lembut. Coba terlebih dahulu metode ini di tempat yang tidak mencolok mata sebelum menggunakannya ke seluruh permukaan sepatu.

5

Perlindungan waterproof dan weatherproof
Weatherproofing dapat membantu melindungi sepatu kulit Anda dari kerusakan yang diakibatkan oleh air ataupun elemen lainnya. Jika Anda lebih mementingkan perlindungan dibandingkan penampilan, anda bisa menggunakan beeswax. Produk ini dapat membentuk lapisan pelindung di permukaan sepatu dan tidak terserap ke dalam kulitnya. Perlindungan ini lebih tahan terhadap air, namun lapisan tambahannya bisa mengurangi keindahan sepatu Anda.

Jika Anda lebih mementingkan penampilan, Anda dapat menggunakan spray pelindung. Pelindung ini masih bisa digunakan untuk melindungi sepatu dari cuaca yang tidak terlalu basah. Produk ini juga biasanya tidak nampak di sepatu sehingga tidak mengurangi keindahan tampilannya.

1 reply to this post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Posts

Wanita muslim
0 632

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...