Home Artikel Cantik & Gaya

Sepatu kulit memang sangat digemari, terutama oleh kaum pria, namun tidak tertutup juga untuk kaum wanita. Namun, melihat harga yang mahal, tentu tidak mudah membelinya. Dan, yang terpenting, Anda perlu tahu bagaimana cara merawatnya, jadi supaya sepatu kulit yang Anda beli tidak rusak dalam waktu yang singkat.

Merawat Sepatu Kulit

Berikut adalah beberapa hal penting di dalam cara merawat dan menjaga sepatu kulit Anda.

Air

Yang pertama adalah Anda harus berhati-hati terhadap air, ya! Jangan sampai sepatu kulit Anda terkena air, sepatu kulit berbeda dengan sepatu boots. Jangan pernah sekalipun membiarkan sepatu kulit tergenang dalam air, baik itu air hujan maupun air sungai atau genangan di tepi jalan. Alasannya adalah karena air akan menyebabkan kerusakan pada sepatu kulit Anda secara perlahan. Jika memang sudah terlanjur kena air, sebaiknya keringkan dahulu sebelum disimpan dalam lemari sepatu.

Tempat penyimpanan

Yang kedua adalah mengenai tempat penyimpanan. Cara merawat sepatu kulit sama seperti cara merawat barang lainnya, Anda harus lebih memperhatikan mengenai tempat penyimpanannya. Simpanlah sepatu kulit pada lemari atau tempat lain yang agak lembab. Mungkin pertanyaannya “Kenapa bukan tempat yang kering?”, jawabannya adalah karena bertujuan agar tekstur kulit pada sepatu tidak hilang dan tetap terjaga. Namun ada hal penting yang harus Anda perhatikan juga, tidak semua sepatu kulit disarankan ditempatkan pada tempat lembab, beberapa sebaiknya ditempatkan pada tempat penyimpanan yang kering, oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis sepatu kulit Anda sebelum memutuskan tempat penyimpanan yang tepat untuk sepatu tersebut.

Membersihkan sepatu kulit wanita

Yang ketiga dan juga penting yaitu mengenai cara membersihkan sepatu kulit. Jika sepatu kulit Anda terbuat dari bahan rambut kuda poni atau Ponyhair, seperti yang biasa dimiliki oleh para artis wanita, untuk membersihkannya sebaiknya menggunakan sikat gigi dan jangan terlalu keras membersihkannya, agar tekstur sepatu tersebut tetap awet terjaga. Cara menyikatnya pun tidak boleh sembarangan, Anda harus menyikat dengan mengikuti arah rambut, tidak boleh sebaliknya, karena nanti tekstur akan rusak. Anda juga boleh menggunakan shampoo saat membersihkannya, ini supaya rambut tetap bahkan menjadi lebih halus.

Jenis sepatu kulit

Jika Anda memiliki sepatu kulit dan ingin tahu cara merawatnya dengan baik, maka Anda harus mengenal tentang jenis dari sepatu kulit yang Anda miliki. Berikut 2 hal yang harus diketahui:

  1. Jenis kulit yang digunakan untuk membuat sepatu
  2. Sifat sepatu kulit Anda, apakah elastis atau tidak
  3. Daya tahan sepatu kulit Anda, apakah kuat dalam menangani perubahan cuaca atau tidak

Ketiga hal di atas perlu Anda perhatikan, sebab sepatu kulit yang satu dengan yang lainnya kadang memiliki kualitas yang berbeda, tergantung dari harganya juga. Terkadang sepatu kulit yang berbeda akan memiliki tingkat kelembaban yang berbeda pula.

Mengeringkan sepatu

Jika Anda suatu waktu mencuci sepatu kulit Anda, tentu Anda harus mengeringkannya juga. Dan, Anda sebaiknya mengetahui mengenai cara yang tepat untuk mengeringkan sepatu kulit. Ini termasuk ke dalam cara mudah merawat sepatu kulit yang harus Anda pahami betul. Dalam mengeringkan sepatu, jangan langsung menjemur sepatu di bawah sinar terik matahari, namun Anda sebaiknya mengeringkan sepatu dengan mengangin-anginkannya hingga kering. Dan pastikan sepatu harus benar-benar kering sebelum disimpan, dengan tujuan untuk menghindari sepatu kulit menjadi berjamur.

Leave a Reply

Latest Posts

Wanita muslim
0 1243

Rindu yang ku pendam, tak pernah terungkap walau dalam goresan. Semua hanya aku ungkapkan dalam diam. Diam yang ku jalani hanya seonggok nyali yang...